Fosil Spesies Baru Pterosaurus Kecil Ditemukan


Jumat, 02 September 2016
Label:

[Sains Box] Spesies reptil terbang dengan lebar sayap hanya 1,5 meter telah diidentifikasi dari fosil yang ditemukan di Kanada. Pterosaurus baru, yang hidup pada era Akhir Cretaceous yaitu sekitar 77 juta tahun yang lalu, adalah masalah besar bagi para ilmuwan karena menawarkan bukti yang menunjukkan bahwa reptil terbang ini ternyata lebih kecil namun masih mampu bersaing dengan burung sepanjang jalan sampai akhir zaman dinosaurus.

Kebanyakan fosil Pterosaurus yang ditemukan sampai saat ini jauh lebih besar dengan rentang sayap hingga mencapai 11 meter.

Fosil Spesies Baru Pterosaurus Kecil Ditemukan

Baca Juga:

"Pterosaurus baru ini menarik karena menunjukkan bahwa pterosaurus kecil hadir disepanjang masa sampai akhir Cretaceous, dan tidak kalah bersaing dengan burung lainnya," kata pemimpin ilmuwan Elizabeth Martin-Silverstone dari University of Southampton.

"Tulang berongga pterosaurus dikenal buruk pada proses pengawetan, dan hewan yang lebih besar tampaknya mengalami pengawetan istimewa meskipun dalam usia yang sama pada ekosistem Akhir Kapur dari Amerika Utara."

Pterosaurus diketahui telah mendominasi langit prasejarah selama lebih dari 140 juta tahun sebelum punah bersama dengan dinosaurus, menyusul serangan asteroid pada akhir periode Kapur.

Fosil Spesies Baru Pterosaurus Kecil Ditemukan

Jika dibandingkan dengan ukuran hewan pada masa sekarang ini, Pterosaurus kecil ini hampir seukuran dengan seekor kucing.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar