Misteri Lenyapnya Air di Atmosfer Venus


Senin, 27 Juni 2016
Label:

[Sains Box] Atmosfer Venus ternyata ribuan kali lebih kering daripada Bumi, hal ini membuat para ilmuwan berusaha menyelidiki kemana perginya semua air di atmosfer Venus. Dengan suhu permukaan planet yang melebihi 860 derajat dan menghancurkan tekanan atmosfer yang lebih dari 100 kali daripada yang ditemukan di Bumi, maka hal ini tentunya tidak mengherankan bahwa Venus adalah planet yang kering.

Namun, ada sebuah pertanyaan besar, ke mana perginya air di Venus?

Air yang direbus pada permukaannya seharusnya berakhir sebagai uap di atmosfer, tapi ada yang aneh, tidak ada kelembaban sama sekali ditemukan, kira-kira 10.000 sampai 100.000 kali lebih kecil daripada yang bisa ditemukan di atmosfer Bumi.

Misteri Lenyapnya Air di Atmosfer Venus

Baca Juga:

Jawabannya, para ilmuwan percaya, terletak pada medan listrik yang kuat yang mengelilingi planet tersebut.

"Ternyata medan listrik Venus adalah minimal 5 sampai 10 kali lebih kuat daripada di Bumi," kata NASA, Glyn Collinson. "Hal ini dapat mengoyak semua yang berat, seperti oksigen, langsung dari atmosfer atas dan melempar mereka ke luar angkasa."

Hal ini penting, karena tidak hanya menjelaskan bagaimana air di Venus menghilang setelah itu dipecah ke ion oksigen dan hidrogen tetapi juga bisa menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan dalam perburuan dunia mirip Bumi di sekitar bintang-bintang jauh.

"Ini benar-benar mengubah cara berpikir kita tentang planet," kata Collinson.

"Tak ada gunanya memiliki kondisi yang sempurna untuk laut dan suasana yang mungkin Anda perlukan untuk bernapas jika ternyata beberapa kekuatan tak terlihat akan datang dan merobek itu semua melemparnya jauh ke ruang angkasa."

Ini faktor penting yang juga perlu diperhatikan sebagai syarat utama dalam pencarian planet Bumi kedua.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar