Dengarkan Musik Mozart Dapat Turunkan Tekanan Darah


Sabtu, 25 Juni 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Mendengarkan musik memang sudah lama diketahui dapat membantu dalam proses pemulihan orang yang sedang sakit. Dalam hal ini, para ilmuwan di Jerman telah mencoba untuk mencari tahu bagaimana musik juga turut berperan serta dalam mempengaruhi tekanan darah pendengarnya.

Melalui serangkaian percobaan, peneliti di Universitas Ruhr melibatkan beberapa relawan ke dalam bagian yang berbeda dari musik termasuk salah satunya adalah musik Mozart Symphony No 40 di g minor dan kompilasi dari lagu-lagu ABBA.

Dengarkan Musik Mozart Dapat Turunkan Tekanan Darah

Baca Juga:

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan Mozart dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik dengan jumlah yang cukup signifikan sedangkan mendengarkan musik tahun 70-an kelompok pop Swedia ABBA hampir tidak ada perbedaan sama sekali.

Pengaruh mendengarkan Mozart ternyata begitu mendalam sehingga mampu untuk menurunkan tekanan darah sebanding dengan yang dicapai melalui latihan atau perubahan dietry.

"Dalam penelitian kami, mendengarkan musik klasik mengakibatkan tekanan darah dan detak jantung menjadi rendah," kata pemimpin penulis studi Hans-Joachim Trappe.

"Musik ABBA tidak menunjukkan atau hanya berefek yang sangat kecil pada tekanan darah dan denyut jantung. Hal ini mungkin karena faktor emosional, namun di sisi lain penggunaan kata-kata yang diucapkan mungkin memiliki peran negatif."

Hmmm, jadi bagi Anda penggemar musik Mozart, lanjutkan untuk terus mendengarkannya. Dan bagi Anda yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi, disarankan untuk mendengarkan musik mozart.

Bagi yang belum punya, silahkan bisa di download mp3 Mozart Symphony di bawah ini:


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar