Rahasia Tangga Ajaib Tak Berujung Escherian Stairwell


Selasa, 10 Mei 2016
Label: ,

[Sains Box] Seperti yang kita ketahui pada umumnya, sebuah tangga pasti memiliki dua ujung, ujung bawah dan ujung yang berada di atas. Namun, bagaimana jadinya jika ada sebuah tangga yang tidak ditemukan ujungnya, sebab jika kita melangkah naik, kita akan terus naik, dan jika kita melangkah turun kita akan terus turun, yang membingungkan adalah seolah-olah kita hanya terus berputar-putar saja di tangga tersebut. Ini jelas tidak masuk akal.

Hal yang tidak masuk akal ini terjadi di sebuah fasilitas yang bernama Escherian Stairwell. Terletak di Gedung 7 di kampus Rochester Institute of Technology (RIT), ada sebuah tangga yang dirancang oleh arsitek Filipina bernama Rafael Nelson Aboganda ketika universitas ini pindah dari pusat kota Rochester ke lokasi saat ini di Henrietta.

Rahasia Tangga Ajaib Tak Berujung Escherian Stairwell

Baca Juga:

Tangga ini dikenal juga sebagai Penrose steps, sebuah objek mustahil yang pernah dibuat oleh tim ayah-anak, Lionel Penrose dan anaknya Roger Penrose, mereka membuat gambaran dua dimensi dari tangga di mana tangga tersebut terbuat dari empat sudut 90-derajat sebagai belokan yang mengubah arah mereka menjadi naik atau turun sebelum akhirnya membentuk lingkaran yang terus menerus, sehingga seseorang bisa memanjat mereka selamanya dan tidak pernah mendapatkan tempat yang lebih tinggi.

Tangga ilusi seperti ini juga pernah dipopulerkan oleh seorang seniman yang bernama M. C. Escher pada tahun 1960, ia menggambarkan dalam sebuah lithograph berjudul Scaffold Ascending and Descending dimana nampak sebuah biara dengan beberapa biarawan yang sedang naik dan turun sebuah tangga tanpa ujung. Ini jelas tidaklah mungkin diwujudkan dalam tiga dimensi. Sebab, gambar dua dimensi bisa mencapai paradoks ini hanya dengan mendistorsi perspektifnya saja.

Rahasia Tangga Ajaib Tak Berujung Escherian Stairwell

Namun, sebuah video yang diupload di YouTube pernah menghebohkan dan membingungkan netizen di tahun 2013 yang lalu, sehingga banyak netizen yang terkagum-kagum, merasa aneh, tidak percaya dengan yang mereka lihat, dan mulai berpikir bagaimana hal itu bisa terjadi.

Silahkan Anda lihat videonya di bawah ini:

VIDEO TANGGA AJAIB

Melihat video tersebut, saya juga sempat berpikir, apakah betul tangga tersebut nyata? Sebab yang diperlihatkan dalam video sangat jelas sekali “mustahil”. Bagaimana bisa kita melangkah naik tangga, justru keluar dari bawah tangga? Seperti trik sulap saja.

Jika memang tangga ini asli, saya ingin memilikinya di rumah saya satu saja. ^_^

Rahasia Tangga Ajaib Tak Berujung Escherian Stairwell

Lalu, apa rahasia dibalik tangga ajaib tersebut?

Scott Bureau dari RIT News menulis, "Michael Lacanilao, seorang mahasiswa pascasarjana film dan animasi di RIT menciptakan seri video yang diberi judul 'Can You Imagine' untuk menyoroti banyak fakta, cerita, dan mitos yang menarik dari RIT.”

“Empat tahun berlalu dengan cepat, dan banyak dari kita tidak punya waktu untuk belajar tentang semua hal yang RIT lakukan dan tawarkan, "kata Lacanilao. "Ketika kita mengambil waktu untuk menjelajah di luar rutinitas kita sehari-hari, kita menemukan bahwa itu benar-benar adalah tempat di mana otak kiri dan otak kanan bertabrakan. Saya bangga menjadi bagian dari itu."

Ternyata, jawabannya video itu bukanlah asli, hanya sebuah video viral yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu. Jika Anda penasaran, baca disini dan disini.

Jadi, mitos tentang adanya tangga tak berujung tetap masih mitos. Tidak akan pernah ada, dan tidak akan dapat dibuat ke dalam bentuk tiga dimensi yang nyata.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar