Ternyata, Dinosaurus Mulai Punah Sebelum Dampak Asteroid


Minggu, 24 April 2016
Label:

[Sains Box] Sebuah studi baru menunjukkan bahwa dinosaurus sudah pernah sekarat keluar jauh sebelum asteroid menghantam Bumi. Dampak tabrakan asteroid yang terjadi 66 juta tahun yang lalu, telah lama dikaitkan dengan kepunahan dinosaurus, namun ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa populasi mereka mungkin sudah mulai menurun jauh sebelum asteroid itu menabrak, dan serangan asteroid apokaliptik ini akhirnya mengakibatkan mereka punah.

Ternyata, Dinosaurus Mulai Punah Sebelum Dampak Asteroid

Baca Juga:

Dengan melakukan analisis statistik fosil dari tiga pohon keluarga dinosaurus terbesar, tim ilmuwan yang dipimpin oleh paleontolog Dr Manabu Sakamoto dari Reading University telah menetapkan bahwa dinosaurus bahkan mungkin dalam perjalanan punah sekitar puluhan juta tahun sebelumnya.

"Sementara dampak asteroid masih merupakan kandidat utama untuk hilangnya akhir dinosaurus, jelas bahwa mereka sudah melewati masa lalu mereka dalam hal evolusi," kata Dr Sakamoto.

"Sementara kiamat tiba-tiba mungkin telah menjadi paku terakhir di peti mati mereka, sesuatu yang lain sudah lebih dulu mencegah dinosaurus dari berkembang menjadi spesies baru secepat spesies tua yang sedang sekarat."

Penurunan bertahap ini, ditambah dengan pengaruh yang sangat buruk dari serangan asteroid, akan meninggalkan banyak ruang untuk mamalia dapat berkembang baik sebelum dan setelah dinosaurus punah.

VIDEO PENJELASAN PUNAHNYA DINOSAURUS

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar