Fosil Kutu Kuno Pembawa Bakteri Wabah 'Black Death'


Kamis, 01 Oktober 2015
Label:

[Sains Box] Fosil seekor kutu kuno yang berusia 20 juta tahun ditemukan oleh peneliti terperangkap dalam amber, diduga kutu tersebut membawa nenek moyang bakteri dari wabah pes 'Black Death' yang mematikan di Eropa itu. Wabah mengerikan yang menelan korban lebih dari 30 juta orang di abad ke-14.

Amber yang mengandung kutu itu ditemukan di tambang ambar di tempat yang sekarang bernama Republik Dominika, antara Puerto Plata dan Santiago. Jutaan tahun yang lalu daerah itu merupakan hutan tropis.

Fosil Kutu Kuno Pembawa Bakteri Wabah Black Death

Baca Juga:

Dr Poinar mempelajari temuan ini dengan melakukan pembesaran yang sangat tinggi, sehingga dapat diketahui dengan jelas ukuran, bentuk dan karakteristik bakteri yang ada pada kutu tersebut.

"Selain karakteristik fisik dari fosil bakteri yang mirip dengan bakteri wabah Black Death, lokasi mereka yang ada di rektum dari kutu tersebut diketahui terjadi pada wabah bakteri modern," kata Dr George Poinar Jr. yang mempelajari bakteri itu.

"Dalam fosil ini, kehadiran bakteri serupa dalam tetesan kering di belalai kutu konsisten dengan metode penularan wabah bakteri oleh kutu modern."

Fosil Kutu Kuno Pembawa Bakteri Wabah Black Death

Meskipun tidak ada resiko bakteri kuno ini dapat kembali ke kehidupan dan menginfeksi orang di masa sekarang, penemuannya memang menawarkan kepada ilmuwan untuk dapat belajar bagaimana mereka berevolusi selama jutaan tahun.

"Ini akan menunjukkan wabah yang sebenarnya merupakan penyakit kuno yang tidak diragukan lagi telah menginfeksi dan mungkin menyebabkan beberapa kepunahan hewan jauh sebelum manusia ada," kata Dr Poinar.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(abc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar