Jamur Surai Singa Dapat Menumbuhkan Kembali Sel Otak


Sabtu, 12 September 2015
Label:

[Sains Box] Menumbuhkan kembali sel-sel otak terdengar seperti sesuatu yang mustahil dan hanya ada di sebuah novel fiksi ilmiah, namun, saat ini segala yang nampak mustahil mulai ditemukan jawabannya yang nyata, berkat penelitian ilmiah yang melibatkan jamur, menumbuhkan sel otak bukan lagi sesuatu yang fiksi.

Baru-baru ini, jurnal medis mulai melirik khasiat jamur, terutama jenis jamur surai singa. Jamur ini menurut penelitian medis dapat membantu kesehatan otak. Jamur surai singa memiliki warna putih dan bentuknya besar serta nampak indah. Namanya berasal dari pegunungan yang panjang yang menyerupai surai singa, jamur ini memberikan janji besar sebagai pengobatan yang potensial untuk penyakit otak dan saraf, serta memori dan penambah suasana hati.

Jamur Surai Singa Dapat Menumbuhkan Kembali Sel Otak

Baca Juga:


Jamur ini, dikenal secara ilmiah sebagai Hericium erinaceus, penelitian baru dalam the International Journal of Medicinal Mushrooms menunjukkan bahwa jamur surai singa mendukung regenerasi sel-sel saraf yang terluka, sesuatu yang bahkan baru-baru ini diyakini sebagai hal yang tidak mungkin dalam medis. Penelitian lebih lanjut menetapkan bahwa ekstrak cair dari jamur ini juga membantu menumbuhkan sel-sel otak dan saraf baru, yang dikenal sebagai neuron.

Penelitian ini hanyalah langkah awal untuk mengetahui khasiat jamur surai singa bagi penyembuhan otak. Setidaknya selusin penelitian lain menunjukkan sifat penyembuhan dari jamur ini terhadap otak.

Dalam satu studi hewan dengan plak amiloid yang sebanding dengan yang ditemukan pada penyakit Alzheimer, diberi makan diet normal dengan jamur surai singa. Ternyata hewan tersebut menunjukan kembalinya kapasitas kognitif dan jauh lebih mampu menavigasi labirin, mereka juga memiliki penurunan beta amiloid plak-biomarker yang menunjukkan pembalikan penyakit Alzheimer.

Jamur Surai Singa Dapat Menumbuhkan Kembali Sel Otak

Akan tetapi, untuk mendapatkan jamur surai singa yang segar sangatlah sulit, sebab jamur ini merupakan salah satu dari makanan kepiting dan lobster. Namun, Anda bisa mencoba menanyakannya ke toko-toko kesehatan. Siapa tahu saja bisa Anda dapatkan.

Jamur segar dapat dibuat tumisan dicampur minyak zaitun, dengan sedikit garam dan bawang putih segar yang dicincang. Rasa pahit baku pada jamur akan menghilang setelah dimasak.

Disarankan agar Anda mengikuti saran dari seseorang yang profesional pada pengobatan herbal untuk mendapatkan yang terbaik sebelum Anda menggunakan jamur surai singa ini sebagai pengobatan penyakit otak.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar