Laba-laba Dapat Berlayar di Air Seperti Kapal


Minggu, 05 Juli 2015
Label:

[Sains Box] Ternyata laba-laba mampu melintasi hamparan air menggunakan sutra mereka sebagai alat bantu untuk berlayar darurat. Para peneliti yang dipimpin oleh Dr Morito Hayashi dari Museum Sejarah Alam di London telah mengungkap bahwa laba-laba memiliki kemampuan luar biasa untuk merubah dirinya menjadi kapal kecil dan berlayar di air.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa beberapa laba-laba bisa menggunakan sutra mereka untuk menangkap angin dan menjadi alat bantu untuk mereka melalui udara, aktivitas ini dikenal sebagai 'balon', namun belum jelas bagaimana teknik tersebut dapat digunakan di atas air tanpa membuat laba-laba berisiko tenggelam.

Laba-laba Dapat Berlayar di Air Seperti Kapal

Baca Juga:

"Saat ini kami telah menemukan bahwa laba-laba secara aktif mengadopsi postur yang memungkinkan mereka untuk menggunakan arah angin sebagai alat mengontrol perjalanan mereka di atas air," kata Dr Hayashi.

"Mereka bahkan menempatkan sutra dan berhenti di permukaan air ketika mereka ingin berhenti. Kemampuan ini mengkompensasi risiko mendarat di air setelah penerbangan laba-laba yang tidak terkendali."

Laba-laba Dapat Berlayar di Air Seperti Kapal

Laba-laba Dapat Berlayar di Air Seperti Kapal

Temuan itu berdasarkan pengamatan dari 21 spesies laba-laba yang berbeda dikumpulkan dari cagar alam di Nottinghamshire dan menyimpulkan bahwa laba-laba merupakan spesies yang paling mahir menggunakan teknik 'balon' dan juga yang terbaik dalam menggunakan sutra mereka untuk mengontrol gerakan mereka di atas air.

"Laba-laba mampu mengatasi air secara efektif 'bergabung dengan titik-titik air' sejauh laba-laba ingin melangkah," kata rekan penulis studi Dr Sara Goodacre. "Mereka juga dapat berpindah dari satu daratan ke daratan yang lain, dan berpotensi di skala spasial besar melalui udara."

Wow, luar biasa sekali kemampuan laba-laba!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar