Cahaya Aneh Terdeteksi Dari Balik Lubang Hitam


Minggu, 01 Agustus 2021
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Cahaya Aneh Terdeteksi Dari Balik Lubang Hitam

Penemuan tak terduga itu berhasil membuktikan teori relativitas umum Einstein sekali lagi. Selama pengamatan sinar-x baru-baru ini dari lubang hitam supermasif di pusat galaksi yang jaraknya hampir dua miliar tahun cahaya, para ilmuwan menemukan sesuatu yang tidak mereka duga - 'gema bercahaya' aneh dari asal yang tidak diketahui.

Untuk menambah misteri, gema ini lebih kecil dan tiba lebih lambat dari suar sinar-x.

Baca Juga:

Cahaya Aneh Terdeteksi Dari Balik Lubang Hitam
Ilustrasi lubang hitam yang memancarkan cahaya
---------

Para ilmuwan segera menyadari bahwa apa yang mereka saksikan adalah sesuatu yang sangat istimewa, yaitu deteksi langsung pertama cahaya dari balik lubang hitam.

Einstein sebelumnya telah menjelaskan bagaimana ini mungkin karena benda-benda besar seperti lubang hitam benar-benar dapat membengkokkan struktur alam semesta, melengkung dan mendistorsi ruang-waktu.



"Setiap cahaya yang masuk ke lubang hitam itu tidak akan keluar, jadi kita seharusnya tidak bisa melihat apa pun yang ada di balik lubang hitam itu," kata Dan Wilkins dari Universitas Stanford.

"Alasan yang bisa kita lihat adalah karena lubang hitam itu membelokkan ruang, membelokkan cahaya, dan memutar medan magnet di sekitarnya."

Tampaknya - sekali lagi - Einstein selama ini benar.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.