Ditemukan Gunung Berapi 'Mata Sauron' Di Dasar Laut


Selasa, 27 Juli 2021
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Ditemukan Gunung Berapi 'Mata Sauron' Di Dasar Laut

Para peneliti telah menemukan sebuah gunung berapi bawah laut yang terlihat seperti sesuatu dari film epic 'The Lord of the Rings'. Terletak 10.170 kaki di bawah permukaan laut Hindia sekitar 174 mil tenggara Pulau Christmas, fitur geologis yang menarik ini memiliki panjang 3,9 mil dan lebar 3 mil.

Dikenal sebagai kaldera, itu adalah gunung berapi bawah laut yang runtuh yang dikelilingi oleh tepi setinggi 984 kaki.

Baca Juga:

Ditemukan Gunung Berapi Mata Sauron Di Dasar Laut
Gunung Berapi yang mirip mata ini mengawasi dari kedalaman laut
---------

Sementara kaldera bawah air tidak terlalu luar biasa, yang satu ini menonjol bagi para peneliti karena memiliki kemiripan yang agak luar biasa dengan Mata Sauron dari film Lord of the Rings.

Itu terlihat oleh tim peneliti selama ekspedisi ke Wilayah Samudra Hindia Australia dan dipetakan dalam tiga dimensi menggunakan sonar multibeam.

"Magma cair di dasar gunung berapi bergeser ke atas, meninggalkan ruang kosong di bawah," tulis kepala ilmuwan Tim O'Hara, kurator senior di Museum Victoria di Australia.



"Kerak tipis dan padat di permukaan kubah kemudian runtuh, menciptakan struktur besar seperti kawah."

"'Mata vulkanik’ ini tidak sendirian. Pemetaan lebih lanjut ke selatan mengungkapkan gunung laut yang lebih kecil yang ditutupi banyak kerucut vulkanik, dan lebih jauh ke selatan adalah gunung bawah laut yang lebih besar dan datar."
Ditemukan Gunung Berapi Mata Sauron Di Dasar Laut
Peta yang menunjukkan lokasi ketiga fitur yang dinamai menurut tempat-tempat di Mordor.
---------

Para peneliti bahkan melangkah lebih jauh dengan menyebutkan salah satu gunung berbentuk kerucut Barad-dur.

Kalau terus begini, saat mereka selesai mendokumentasikan wilayah itu, itu akan seperti melihat peta Mordor.

Hmmm…

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. gunung berapi di dasar laut itu kira2 magmanya jadi dingin atau gimana ya, Mas? hehehe beneran bingung, aku harus lebih banyak baca kayaknya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang namanya magma atau lava ya bentuknya tetap seperti itu mbak, panas dan berpijar. Kemungkinan, perbedaannya jka gunung berapi di bawah laut meletus, nah magma yg keluar itu kan langsung bersentuhan dgn air laut, maka magmanya akan cepat membeku membentuk bantalan-bantalan lava di dasar laut. Gitu mbak...

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.