Ditemukan Tiga Planet Super-Bumi di Rasi Bintang Pisces


Kamis, 15 Februari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ditemukan Tiga Planet Super-Bumi di Rasi Bintang Pisces

Menurut sebuah penelitian baru, telah ditemukan sistem bintang yang dianggap menjadi tempat bagi keberadaan planet Bumi kedua. Bintang tersebut terletak di rasi bintang Pisces yang memiliki jarak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang yang akhirnya diberi nama GJ 9827 tersebut telah menjadi salah satu objek penelitian yang dipimpin oleh astronom Carnegie, Johanna Teske. Diyakini, salah satu atau dari ketiga planet yang dimilikinya adalah planet super-Bumi yang besar dan padat yang pernah terdeteksi. Informasi ini, akan dapat memberikan bukti kepada para astronom untuk memahami proses terbentuknya planet dengan baik.

Baca Juga:

Bintang GJ 9827 berhasil ditemukan oleh misi pencarian eksoplanet NASA Kepler / K2, yang mana ketiga planet yang dimilikinya berukuran sedikit lebih besar dari Bumi. Ukuran tersebut adalah hal yang baru sama sekali ditemukan. Sebab, tidak ada planet yang seukuran ini di tata surya kita. Hal ini semakin membuat penasaran para ilmuwan untuk mempelajari kondisi mereka terbentuk.

Ditemukan Tiga Planet Super-Bumi di Rasi Bintang Pisces

Untuk itu, para ilmuwan akan mencoba memahaminya melalui pengukuran massa dan radiusnya, sehingga memungkinkan untuk menentukan kerapatan curahnya.

Umumnya, planet dengan radius lebih besar dari sekitar 1,7 kali Bumi memiliki kandungan gas, seperti Neptunus, dan radius yang lebih kecil dari pada ini adalah planet berbatu, seperti planet Bumi.

Sementara, ketiga planet GJ 9827 itu bisa dibilang istimewa, dengan radius 1,64 (planet b), 1,29 (planet c) dan 2,08 (planet d), mereka membentang garis pemisah antara super-Bumi (yang berbatu) dan sub Neptunus (agak ke gas). Data-data tersebut berhasil dihimpun berkat sebuah alat yang bernama Planet Finding Spectrograph (PFS).

"Biasanya, jika planet transit terdeteksi, dibutuhkan waktu berbulan-bulan jika tidak setahun atau lebih untuk mengumpulkan cukup pengamatan untuk mengukur massanya," kata Teske. "Karena GJ 9827 adalah bintang yang terang, kami kebetulan memilikinya di katalog bintang yang astronot Carnegie telah pantau untuk planet sejak tahun 2010. Ini unik untuk PFS."

"Diperlukan pengamatan lebih lanjut untuk menentukan komposisi ketiga planet ini," kata Sharon Wang, salah satu dari peneliti.

Satu pertanyaan masih mengambang, apakah planet tersebut berbatu atau gas?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.