Inilah Bilangan Prima Terbesar Baru Memiliki 23 Juta Digit


Rabu, 14 Februari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Inilah Bilangan Prima Terbesar Baru, Memiliki 23 Juta Digit

Tahu bilangan prima kan? Bilangan prima itu adalah bilangan yang hanya bisa dibagi oleh bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Sebenarnya, bilangan prima terbesar itu tidaklah ada, karena jumlah bilangan itu adalah tak terhingga. Namun para peneliti banyak yang terus mencari bilangan-bilangan prima berapa sajakah yang terbesar. Maka dari itu akan terus ditemukan bilangan prima terbesar terbaru.

Seperti halnya dengan bilangan yang satu ini, ditulis dalam singkatan sebagai bilangan M77232917, nomor baru ini, dinamai menurut teolog Prancis dan matematikawan Marin Mersenne, dihasilkan dengan mengalikan dua dengan sendirinya 77.232.917 kali, kemudian mengurangkannya dengan satu. Atau dalam istilah matematikanya ditulis: 2^77.232.917-1. Atau lihat gambar bawah.

Baca Juga:

Inilah Bilangan Prima Terbesar Baru Memiliki 23 Juta Digit

Bilangan ini adalah sekitar 1 juta digit lebih panjang dari pendahulunya yang ditemukan pada tahun 2016.

Bilangan prima baru ini ditemukan dengan menggunakan software khusus yang dikembangkan oleh George Woltman untuk proyek Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS) dan kemudian diverifikasi sebagai bilangan prima oleh tiga orang lainnya, yaitu David Stanfill, Andreas Höglund, dan Ernst Mayer.

"Setiap bilangan prima baru merupakan perpanjangan dari batas pengetahuan matematika manusia," kata peneliti Hartree Center, Iain Bethune.

Bilangan prima sangatlah berguna dalam dunia modern, ia dapat digunakan untuk mengenkripsi informasi perbankan secara aman juga dipergunakan oleh spesialis visual efek dalam film-film.

Selamat datang M77232917 di deretan daftar bilangan prima sebagai bilangan prima terbesar untuk saat ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar