Misteri 'Surat Bixby' Abraham Lincoln Terpecahkan


Sabtu, 22 Juli 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Misteri 'Surat Bixby' Abraham Lincoln Terpecahkan

Ahli bahasa forensik 'hampir pasti' telah menentukan siapa yang benar-benar menulis surat era Perang Saudara yang terkenal itu. Dikenal sebagai 'Bixby Letter', seperti yang telah diketahui, adalah sebuah surat yang dikirim pada tahun 1864 kepada penduduk Boston, Lydia Bixby, yang sedang berduka atas kematian kelima anaknya selama Perang Saudara Amerika.

"Saya merasa betapa lemah dan sia-sia pasti ada kata-kata saya yang seharusnya mencoba untuk mempermalukan Anda dari kesedihan karena kehilangan begitu banyak," menurut yang tertulis dalam surat tersebut.

Baca Juga:

"Tapi saya tidak bisa menahan diri untuk tidak menghibur Anda, penghiburan yang mungkin ditemukan dalam ucapan terima kasih dari republik, mereka wafat untuk menyelamatkan."

Misteri Surat Bixby Abraham Lincoln Terpecahkan

Tapi apakah Abraham Lincoln benar-benar menulis surat itu sendiri? Sementara surat itu memang masuk dalam nama presiden, banyak yang percaya bahwa itu sebenarnya ditulis oleh sekretarisnya, John Hay.

Sekarang dalam sebuah usaha baru untuk memecahkan misteri ini, sekali dan untuk selamanya, ahli bahasa forensik dari Universitas Manchester dan Aston University menerapkan metode analisis mutakhir yang dikenal sebagai penelusuran N-gram yang bekerja dengan mencari urutan linguistik dalam tulisan seseorang.

Misteri Surat Bixby Abraham Lincoln Terpecahkan

Dengan menggunakan komputer untuk menganalisis ratusan contoh tulisan dari Lincoln dan Hay, tim tersebut dapat mengetahui bahwa surat yang terkenal itu kemungkinan besar ditulis oleh Hay, bukan presidennya sendiri.

"Sebagian besar dari apa yang kita lihat dalam surat Bixby ditemukan dalam tulisan Hay, tapi tidak di Lincoln," kata dosen bahasa Inggris dan linguistik Dr. Andrea Nini.

Apakah ini berarti sudah terjawab pertanyaan publik tentang siapa penulis surat itu yang sebenarnya?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Setiap tokoh akan meninggalkan cecek misteri. Termasuk tulisannya. Saya rasa masih perlu perdebatan yang panjang lagi, untuk menemukan kepastiannya.

    BalasHapus