Misteri Sinyal Aneh Luar Angkasa 'Wow!' Terpecahkan


Selasa, 13 Juni 2017
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Para astronom telah mendengarkan sinyal luar angkasa selama bertahun-tahun, namun satu kasus, ada sebuah sinyal aneh yang diambil oleh sebuah teleskop sekolah di Ohio State University 40 tahun yang lalu. Sejak saat itu, tetap merupakan salah satu contoh paling menggiurkan dan membingungkan yang pernah dicatat.

Sinyal tersebut berasal dari cluster globular M55 di rasi Sagitarius, sinyal aneh berlangsung sekitar 72 detik. Astronom Jerry Ehman, yang pertama kali memeriksa pembacaan komputer, menjadi terkenal setelah menulis kata 'Wow!' di halamannya.

Baca Juga:

Kini, setelah empat dasawarsa dari deteksi asli sinyal tersebut, astronom Antonio Paris dari St. Petersburg College, Florida dan rekan-rekannya percaya bahwa mereka akhirnya berhasil memecahkan misteri tersebut dan sayangnya hal itu tampaknya tidak ada hubungannya dengan alien.

Misteri Sinyal Aneh Luar Angkasa Wow! Terpecahkan

Mereka menemukan bahwa dua komet, 266P / Christensen dan P / 2008 Y2 (Gibbs), kebetulan melewati bagian langit yang sedang diawasi oleh observatorium saat sinyal tersebut terdeteksi.

Dengan mengamati wilayah langit yang sama dengan salah satu komet yang sama lewat lagi, mereka berhasil merekam sinyal yang sama persis yang telah terdeteksi pada tahun 1977.

"Penyelidikan ini, oleh karena itu, telah menyimpulkan bahwa spektrum komet dapat diamati pada 1.420MHz dan bahwa sinyal 'Wow!' tahun 1977 adalah fenomena alam dari badan tata surya, "tulis tim tersebut.

Misteri Sinyal Aneh Luar Angkasa Wow! Terpecahkan

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa sinyal ruang angkasa misterius 1977 itu sebenarnya berasal dari sebuah komet yang lewat.

Intinya: Astronom Antonio Paris dan timnya memiliki bukti baru yang menunjukkan bahwa sinyal 'Wow' yang terkenal itu, sinyal dari tahun 1977 yang telah menjadi pemikiran panjang oleh beberapa orang sebagai tanda kehidupan di luar bumi, sayangnya sebenarnya merupakan fenomena alam dan dihasilkan oleh sebuah komet.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. ijin copy buat blog ku, nanti tak cantumkan sumbernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan... dgn senang hati jika km mencantumkn link sumbernya. mksh atas kunjungannya.

      Hapus