Apakah Kita Semua Penderita Dari 'Amnesia Tak Etis'?


Minggu, 22 Mei 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebuah studi baru menunjukkan bahwa otak kita mungkin sengaja kisruh atau lupa ingatan melakukan tindakan yang tak bermoral. Penelitian yang diterbitkan baru-baru ini dalam Prosiding National Academy of Sciences, yang melibatkan 2.109 relawan dimintai untuk mengambil bagian dalam sembilan percobaan.

Dalam salah satunya, 400 dari para relawan ini diminta untuk menulis tentang perilaku moral atau tidak bermoral masa lalu mereka sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta dengan mudah mampu mengingat tindakan etis mereka sendiri tetapi memiliki lebih kesulitan mengingat detail dari saat-saat ketika mereka bertindak dengan cara yang tidak etis.

Apakah Kita Semua Penderita Dari Amnesia Tak Etis?

Baca juga:

Percobaan lain melihat 70 relawan terlibat dalam permainan lempar koin yang memberi mereka kesempatan menipu untuk memenangkan uang.

Ketika ditanya tentang hal ini dua minggu kemudian, para peserta yang telah menipu tersebut memiliki lebih banyak kesulitan mengingat rincian apa yang telah mereka lakukan dibandingkan mereka yang telah memilih untuk bermain game secara jujur.

Para peneliti menemukan bahwa kecenderungan ini terus berlanjut di semua sembilan percobaan.

"Setelah mereka berperilaku tidak etis, kenangan individu dari tindakan mereka itu menjadi lebih dikaburkan dari waktu ke waktu karena tekanan psikologis dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kejahatan tersebut," tulis mereka.

"Hasil ini sangat penting karena amnesia tidak etis dapat menjelaskan mengapa hal ini menjadi biasa, orang-orang baik berulang kali terlibat dalam perilaku tidak etis dan juga bagaimana mereka menjauhkan diri dari perilaku tersebut dari waktu ke waktu."

Mencontek adalah salah satu hal yang sebenarnya tidak etis untuk dilakukan, namun tindakan ini menjadi hal biasa yang dilakukan bahkan oleh mereka yang tergolong orang-orang yang baik. Seiring waktu berjalan tindakan ini seolah dilupakan oleh mereka begitu saja. Apakah kita semua memang menderita 'Amnesia Tak Etis'??

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar