Terungkap Ada Laut Kuno di Charon, bulan Milik Pluto


Sabtu, 20 Februari 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Terungkap Ada Laut Kuno di Charon, bulan Milik Pluto

Gambar baru yang didapat dari probe New Horizons menunjukkan bahwa Charon pernah memiliki sub-permukaan air cair laut. Terletak pada 3,6 miliar mil jauhnya, sebuah tempat yang jauh dan dingin dari sistem tata surya, dunia kecil Pluto selalu tampak seperti tempat yang tidak mungkin untuk menemukan tanda-tanda air cair.

Namun, meskipun awalnya diduga seperti itu, kini para ilmuwan malah mengungkapkan bahwa tidak hanya ada bukti air di bulan milik Pluto, Charon, mungkin juga menjadi rumah bagi samudra sub-permukaan air cair di masa lalu.

Terungkap Ada Laut Kuno di Charon, bulan Milik Pluto

Baca Juga:

Penemuan itu dilakukan berkat gambar yang diterima dari NASA New Horizons dalam penyelidikannya yang menunjukkan sesuatu yang nampak seperti jurang yang besar di permukaan Charon, sekitar empat kali lebih dalam dari Grand Canyon.

Para ilmuwan percaya bahwa fitur geologi laut yang sangat besar terbentuk ketika laut membeku maka akan tampak seperti yang digambarkan pada permukaan Charon, mendorong permukaan dari bawah dan menciptakan patahan permukaan besar.

"Kami pikir tidaklah mungkin dapat melihat fitur menarik seperti ini di tepi dunia yang jauh dari tata surya kita," kata ilmuwan planet SETI, Ross Beyer.

Terungkap Ada Laut Kuno di Charon, bulan Milik Pluto

"Tapi saya lebih senang dengan apa yang sudah kita lihat saat ini." sambung Ross.

Jika memang dulu ada samudera di Charon, berarti harapan untuk menemukan tanda-tanda kehidupan akan semakin dekat.

Lihat videonya dulu yuk...

VIDEO LAUT KUNO DI CHARON

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar