Gastornis, Burung Raksasa Berkepala Seukuran Kuda


Minggu, 14 Februari 2016
Label:

[Sains Box] Seekor burung terbang besar yang bernama Gastornis diduga pernah menjelajahi wilayah yang sekarang disebut Lingkaran Arktik. Raksasa dengan tinggi 6 kaki ini, diyakini hidup dengan memakan baik tumbuh-tumbuhan maupun hewan kecil. Burung terbesar pada jamannya ini hidup sekitar 53 juta tahun yang lalu disebuah tempat yang saat ini menjadi pulau Ellesmere dimana pada waktu itu merupakan daerah rawa yang hangat dan lembab.

Dengan kepala besar ukurannya sama dengan kuda, burung ini memiliki berat hingga beberapa ratus pon, Gastornis akan menjadi pemandangan yang mudah terlihat dan mungkin mereka pun banyak berkeliaran di mana-mana.

Gastornis, Burung Raksasa Berkepala Seukuran Kuda

Baca Juga:

Keberadaannya di Kutub Utara dikonfirmasi berkat penemuan spesimen fosil di Wyoming yang kebetulan cocok dengan fosil tulang jari kaki Gastornis, ditemukan di pulau Ellesmere pada tahun 1970-an.

"Kami tahu ada beberapa fosil burung di atas sana, tapi kami juga tahu mereka sangat langka," kata rekan Professor Jaelyn Eberl dari University of Colorado.

"Selain tulang Gastornis dari Ellesmere, ilmuwan lain melaporkan melihat jejak fosil di sana, mungkin dari burung terbang yang besar, meskipun lokasinya masih belum diketahui dengan jelas."

Gastornis, Burung Raksasa Berkepala Seukuran Kuda

Para ilmuwan juga mengatakan bahwa penemuan Gastornis di pulau Ellesmere telah memberikan pemahaman yang lebih baik dari konsekuensi perubahan iklim di wilayah itu.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar