Burung Bisa Memprediksi Datangnya Tornado


Selasa, 30 Desember 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ada satu jenis spesies burung warbler yang diamati mengevakuasi sarangnya satu hari sebelum tornado mendekat. Apakah ini berarti burung tersebut mampu memprediksi datangnya tornado?

Burung sebenarnya bisa menjadi peramal cuaca yang lebih baik daripada kita, ia mampu melakukan deteksi dini terhadap datangnya badai. Menurut sebuah studi mengungkapkan bahwa beberapa spesies burung akan bermigrasi terbang meninggalkan sarangnya menuju ke lokasi yang aman sebelum kedatangan badai.

Burung Bisa Memprediksi Datangnya Tornado

Salah satu contohnya adalah spesies burung Warbler bersayap emas, yang biasanya sering menghabiskan musim dingin di Amerika Selatan dan kemudian terbang meninggalkan sarangnya ke Tennessee. Saat itu mereka ditemukan telah meninggalkan negara tempat tinggal mereka dan terbang ke Selatan hanya satu hari sebelum kedatangan badai besar yang akhirnya menewaskan sebanyak 35 orang.

"Para ahli meteorologi meramalkan bahwa badai akan datang sesuai prediksi mereka," kata pemimpin penulis studi Henry Streby dari University of California, Berkeley. "Tapi pada saat mereka mengatakan mereka yakin akan hal itu, burung-burung ternyata sudah terlebih dahulu mengetahuinya dan pergi menjauh."

Burung Bisa Memprediksi Datangnya Tornado

Ia telah mengemukakan bahwa burung kecil sebenarnya mampu untuk mengambil gelombang suara frekuensi rendah dari badai, sesuatu yang di luar jangkauan pendengaran manusia.

"Mereka mungkin bisa mendengar badai datang dan membuat keputusan untuk meninggalkan sarangnya lalu kembali lagi setelah aman daripada berjongkok dan mencoba untuk bertahan dalam tornado," kata Streby.

Wow, sungguh menakjubkan... kita harus banyak belajar dari burung-burung kecil itu.






sign


Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar