Philae, Pesawat yang Sukses Mendarat di Komet


Kamis, 13 November 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Philae, Pesawat yang Sukses Mendarat di Komet

Satu lagi keberhasilan umat manusia dalam menjelajah luar angkasa tercatat hari ini, dengan mendaratkan sebuah pesawat ruang angkasa yang bernama Philae di atas permukaan komet pada tanggal 12 November 2014, kemarin. Philae adalah robot pesawat ruang angkasa milik European Space Agency (ESA) yang sudah melakukan perjalanan lebih dari 6,4 miliar kilometer dengan pesawat ruang angkasa Rosetta.

Mereka menempuh perjalanan dalam kurun waktu 10 tahun lamanya, dan kini berhasil melakukan pendaratan di atas permukaan komet yang bernama 67p / Churyumov-Gerasimenko. Keberhasilan ini tentunya disambut meriah oleh para kru yang berada di ruang kontrol misi ini di Darmstadt, Jerman.

"Ini adalah langkah besar bagi peradaban manusia," kata Direktur Jendral ESA Jean-Jacques Dordain.

Baca Juga:

Philae, Pesawat yang Sukses Mendarat di Komet

Menurut informasi yang tercatat, pada saat melakukan pendaratan memang mengalami sedikit kendala dengan bagian pendorong pada saat turun ke area permukaan, akan tetapi masalah ini dapat segera teratasi dan pendaratan pun sukses dilakukan.

Profesor Monica Grady, yang telah bekerja pada misi ini semenjak hari-hari awal, sangat gembira sekali. "Aku tidak percaya, itu benar-benar fantastis, kami telah mendaratkannya - kami telah menunggu begitu lama untuk ini," katanya.

Robot ini ditugaskan untuk mengambil foto-foto mengenai permukaan komet dan sebagainya untuk kemudian akan dikirim ke Bumi dan dijadikan sebagai bahan penelitian.

Keberhasilan terbesar dalam sejarah umat manusia ini pun tak luput dari perhatian mesin pencari raksasa Google. Karena hari ini tampilan google doodle menampilkan gambar spesial untuk peristiwa bersejarah ini.

Philae, Pesawat yang Sukses Mendarat di Komet

Sukses untuk Philae ! ^_^)b

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar