Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kamis, 30 Oktober 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Berfungsinya sistem kekebalan tubuh sangat penting karena sistem kekebalan tubuh yang berjuang dengan semua bakteri dan virus yang menyerang tubuh manusia dan menyebabkan penyakit. Untuk hidup sehat yang tepat, sistem kekebalan tubuh harus bekerja sangat baik, sehingga kita perlu memberikan perhatian khusus dalam hal ini.

Sistem kekebalan tubuh dapat menetralkan serangan mikroorganisme pada tubuh manusia dan melindunginya. Berikut beberapa cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda yang bisa Anda praktekan setiap hari, agar tubuh Anda fit selalu sepanjang hari.

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apa sajakah itu?

Berikut 7 Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

1. Makan Diet Sehat

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Makan diet seimbang adalah hal yang paling penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diet seimbang adalah solusi untuk masalah-masalah yang kita hadapi hari ini di berbagai bidang kehidupan. Orang-orang berpikir tentang kesehatan mereka hanya ketika mereka berada dalam bahaya, hal yang harus dipahami bahwa untuk menjalani hidup Anda dengan benar kita harus meningkatkan kebiasaan makan yang benar pula dan hanya makan makanan yang memiliki nilai kalori tinggi. Makan diet seimbang tidak hanya mempertahankan kesehatan jantung, tetapi juga membentuk otot dan tulang yang kuat. Selanjutnya juga meningkatkan tingkat energi tubuh manusia. Diet sehat adalah diet yang memiliki jumlah tinggi sayuran hijau, buah-buahan, jumlah rendah gula dan kurang konsumsi alkohol. Penggunaan buah jeruk serta ayam dan daging harus diperbanyak namun tetap seimbang.

2. Minum Cukup Air

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Banyak dari kita yang memiliki kebiasaan minum air dalam jumlah yang sangat kurang. Ini bukan hal yang baik dan harus ditingkatkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Orang yang sehat normal harus minum lebih dari delapan gelas air setiap hari. Ketika Anda merasa haus Anda harus menghindari menggunakan soda, alkohol, kopi atau teh. Semua hal ini membunuh keinginan untuk minum air, sehingga harus dihindari. Hidrasi adalah salah satu hal yang menjadi prioritas. Minum banyak air tidak hanya membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik, tetapi juga membantu dalam hidup sehat. Jika seseorang tidak minum cukup air maka dapat menyebabkan kondisi dehidrasi dan itu adalah kondisi yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

3. Olahraga Teratur

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Berolahraga setiap hari adalah salah satu hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam kehidupan setiap hari semua orang begitu sibuk dengan pekerjaan mereka hingga mereka tidak mendapatkan cukup waktu untuk merawat tubuh dan kesehatan mereka. Akan tetapi, Anda tetap harus mengambil waktu dari jadwal sibuk Anda untuk merawat tubuh Anda. Latihan secara teratur meningkatkan otot dan sistem kardiovaskular tubuh dan membuat seseorang bebas dari segala penyakit yang tidak diinginkan. Kegiatan pengencangan otot dan aerobik adalah beberapa hal yang dapat seseorang lakukan. Ini adalah langkah sederhana yang dapat diambil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang harus latihan sesuai dengan usia mereka. Orang-orang tua harus memanjakan diri dalam berolahraga ringan yang dapat dilakukan oleh tubuh mereka. Demikian pula orang-orang yang lebih muda harus latihan lebih daripada mereka yang tua.

4. Tidur yang Cukup

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Telah dilakukan penelitian terhadap orang-orang yang kurang tidur, kebanyakan dari mereka mengeluh lebih sering tentang sakit kepala dan masalah kesehatan lainnya. Berada jauh dari segala jenis penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sangat penting untuk tidur dengan benar setiap hari. Rata-rata orang normal harus tidur minimal 7 sampai 8 jam. Tidur yang nyenyak bisa meningkatkan tingkat energi tubuh dan banyak membantu proses penyegaran diri. Tidur yang cukup juga sangat penting untuk mengelola berat badan Anda. Jumlah tidur yang tidak memadai akan menghasilkan depresi dan yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Hal ini juga membuat sistem kekebalan tubuh lemah, sehingga mereka tidak dapat berfungsi dengan benar.

5. Mengelola Stres

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Stres selalu berbahaya bagi tubuh manusia. Maka selalu disarankan untuk menjauh dari segala stres seperti dalam cara ini Anda dapat membuat pekerjaan sistem kekebalan tubuh Anda dengan benar. Stres dianggap sebagai jenis emosi tetapi dapat dihindari dan ini adalah hal terbaik yang setiap orang harus lakukan. Salah satunya dengan menghindari kegiatan-kegiatan seperti yang dapat menyebabkan segala jenis stres. Tapi di sini kita berbicara tentang kehidupan manusia yang penuh dengan pasang surut. Salah satu harus selalu belajar untuk mengatasi dengan masalah tersebut sehingga tidak pernah merasa tertekan karenanya. Apakah semua kegiatan yang membuat Anda merasa lebih baik dan hidup dengan sukacita dan kebahagiaan tinggi? Ini adalah hal yang murni diharapkan oleh Anda dan Anda harus melakukan apapun yang diperlukan untuk tetap sehat.

6. Hindari Konsumsi Gula

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dalam rangka meningkatkan sistem kekebalan tubuh hal pertama yang setiap orang harus lakukan adalah untuk membatasi penggunaan gula dalam kehidupan sehari-hari. Gula memiliki banyak efek samping dan mengarah ke satu atau lebih penyakit lainnya. Penggunaan gula harus sangat terbatas karena sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Apalagi dijaman sekarang, banyak sekali yang namanya pemanis buatan, yang tentunya itu sangat membahayakan bagi kesehatan Anda. Jadi paling sederhana untuk dilakukan di sini adalah menghindari penggunaan gula dan dalam kasus jika Anda tidak dapat menghindarinya, maka batasi saja penggunaannya untuk tingkat yang sangat rendah.

7. Hindari Merokok

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Merokok adalah hal terburuk yang dapat dilakukan. Merokok tidak membantu tubuh manusia dengan cara apapun melainkan mengundang penyakit untuk datang kepada Anda. Tidak ada organ tunggal dalam tubuh manusia yang tidak akan terpengaruh jika Anda seorang perokok. Jika Anda ingin hidup sepenuhnya, maka segeralah berhenti merokok di awal. Merokok dapat memberikan Anda kesenangan sekaligus tetapi hasil akhirnya selalu berbahaya. Sistem kekebalan tubuh akan banyak terpengaruh jika Anda seorang perokok. Jadi hal terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah menghentikan kebiasaan ini sedari awal.

Itulah 7 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda, sehingga tubuh Anda dapat mencegah masuknya berbagai macam penyakit yang dapat menggerogoti tubuh Anda. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

Oleh karena itu, cobalah lakukan ketujuh cara diatas dalam hidup Anda, dan biasakanlah setiap hari. Semoga kita termasuk ke dalam orang-orang yang sehat selalu, amiin.. ^_^




sign


Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

3 komentar:

  1. menghindari rokok nih yg masih belum bisa saya lakuin mas

    BalasHapus
  2. wah nggak sengaja malah dapat pertamax

    BalasHapus
  3. susah benar memangh klo menghindari yang satu ini gan,,

    BalasHapus