Bumi Ditabrak Pengunjung Antarbintang Tahun 2014, Benarkah?


Sabtu, 20 April 2019
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Bumi Ditabrak Oleh Pengunjung Antarbintang Tahun 2014, Benarkah?

Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa sebuah meteor dari sistem bintang lain mungkin telah bertabrakan dengan Bumi 5 tahun yang lalu. Ada banyak kegembiraan dalam komunitas ilmiah ketika pada Oktober 2017 para astronom melihat objek antarbintang pertama yang dikonfirmasi, sebuah batu luar angkasa yang dikenal sebagai 'Oumuamua (masih ingat kan dengan ‘Oumuamua?)

Kini, sebuah studi baru yang dilakukan oleh dua peneliti dari Universitas Harvard telah mengemukakan gagasan menarik bahwa objek seperti itu mungkin pernah bertabrakan dengan Bumi baru-baru ini pada tahun 2014.

Baca Juga:

Bumi Ditabrak Pengunjung Antarbintang Tahun 2014, Benarkah?
# Tahun 2014, objek antarbintang pernah menabrak Bumi #


Dengan ukuran jauh lebih kecil dari 'Oumuamua, objek itu dianggap telah terbakar di atas Papua Nugini.

"Daripada melihat jauh ke luar angkasa, dan mengingat fakta bahwa seharusnya ada lebih banyak benda antarbintang yang lebih kecil dari 'Oumuamua, kami berpikir,' Mengapa tidak melihat secara lokal dan menemukan benda antarbintang yang lebih kecil ini ketika mereka bertabrakan dengan atmosfer Bumi? ', "kata penulis studi pertama, Amir Siraj.

Melalui bantuan Avi Loeb, seorang ahli astrofisika Harvard dan dengan mencari melalui catatan dampak meteor yang disimpan oleh Pusat Studi Objek Dekat-Bumi NASA, Amir Siraj menemukan catatan bola api tahun 2014.

Dengan menghitung lintasan orbitnya, menjadi jelas bahwa,objek tersebut seperti 'Oumuamua, berasal dari luar tata surya kita.

Bumi Ditabrak Pengunjung Antarbintang Tahun 2014, Benarkah?
# Inilah Oumuamua, pengunjung antarbintang pertama 
yang menghebohkan ilmuwan tahun 2017 #


Penemuan ini penting karena jika objek dari sistem tata surya lain telah bertabrakan dengan Bumi di masa lalu, ada kemungkinan bahwa kehidupan di Bumi juga mungkin berasal dari tempat lain.

"Survei meteor di masa depan dapat menandai objek yang masuk dengan kecepatan heliosentris berlebih untuk pengamatan pra-dampak lanjutan," tulis para peneliti.

"Spektroskopi puing-puing gas dari benda-benda ini ketika mereka terbakar di atmosfer Bumi akan mengungkapkan komposisi mereka... Berpotensi, meteor antarbintang dapat membebaskan kehidupan dari sistem planet lain dan memediasi panspermia."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.