Teori Relativitas Umum Einstein Terbukti Kebenarannya


Jumat, 13 Juli 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Teori Relativitas Umum Einstein Terbukti Kebenarannya

Siapa yang tidak mengenal sosok Albert Einstein? Hampir semua orang yang mencintai sains apalagi dibidang Fisika pasti sudah tidak asing lagi dengan ilmuwan terkenal yang satu ini. Berbicara tentang Einstein kita pasti tidak akan lepas dengan teorinya yang paling fenomenal dalam sejarah ilmu pengetahuan, apalagi kalau bukan ‘Teori Relativitas Umum’.

Mengapa demikian, karena teori ini telah banyak membantu ilmuwan di masa kini dalam hal penelitian terhadap perkembangan alam semesta.

Seperti yang belum lama dilakukan dalam penelitian terbaru para ilmuwan yang berhasil membuktikan kebenaran dari teori ini. Sehingga teori Einstein masih bertahan bahkan di bawah kondisi ekstrim.

Baca Juga:

Teori Relativitas Umum Einstein Terbukti Kebenarannya

Menurut teori relativitas umum Einstein, dua objek akan selalu jatuh pada tingkat yang sama, terlepas dari seberapa banyak mereka menimbang atau terbuat dari apa.

Para ilmuwan telah mampu membuktikannya bahwa ini adalah kasus di Bumi beberapa kali selama bertahun-tahun, tetapi bagaimana teori ini bertahan ketika kita mengganti benda uji kecil untuk bintang super padat?

Dalam penelitian terbaru, tim astronom internasional menggunakan beberapa teleskop yang kuat untuk mengamati PSR J0337 + 1715, yaitu sebuah sistem bintang tiga yang terletak sekitar 4.200 tahun cahaya dari Bumi.

Teori Relativitas Umum Einstein Terbukti Kebenarannya

Apa yang membuat tata surya ini begitu menarik adalah konfigurasi unik antara bintang neutron atau dikenal juga sebagai pulsar milidetik dan bintang katai putih yang mengorbit di sekitar bintang katai putih kedua yang terletak sedikit lebih jauh.

Jika teori Einstein benar, maka bintang neutron yang sangat padat dan bintang katai putih di bagian dalam harus sama-sama jatuh pada tingkat yang sama terhadap bintang katai putih terluar.

Setelah pengamatan sistem yang ekstensif, para astronom telah memutuskan bahwa hal ini memang benar.

Einstein, ternyata, memang benar.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar