'Gelembung Energi' Bisa Menghancurkan Alam Semesta


Kamis, 05 April 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] 'Gelembung Energi' Bisa Menghancurkan Alam Semesta

Fisikawan di Harvard University telah mengemukakan bahwa alam semesta bisa saja berakhir secara tiba-tiba seperti bagaimana ia dimulai. Meskipun tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti bagaimana alam semesta akan berakhir, namun banyak ilmuwan yang menganut gagasan bahwa alam semesta akan mengalami kematian yang sangat panjang dan lambat selama tak terhitung triliunan tahun.

Akan tetapi, menurut sebuah penelitian terbaru, ada kemungkinan bahwa alam semesta bisa saja di masa depan yang jauh, berakhir dengan peristiwa yang cepat dan merusak yang dipicu oleh konsekuensi aneh dari fisika subatomik.

Baca Juga:

Gelembung Energi Bisa Menghancurkan Alam Semesta

Kuncinya terletak pada massa partikel Higgs Boson atau yang seringkali disebut-sebut sebagai ‘partikel Tuhan’. Hal ini bisa jadi dikarenakan adanya permainan kuantum fisika, yang mungkin tidak selalu konstan. Dan jika itu berubah di masa depan, itu bisa memicu gelembung energi negatif yang meluas, melenyapkan segalanya dan membawa kehancuran kosmos.

"Ini serius untuk membayangkan gelembung ini, dengan dinding energi negatifnya, yang meluncur ke arah kita dengan kecepatan cahaya," kata peneliti Harvard bernama Anders Andreassen. "Kita bahkan tidak akan pernah bisa melihatnya datang."

Untungnya, skenario seperti itu tidak mungkin terjadi setidaknya untuk waktu yang sangat lama.

Gelembung Energi Bisa Menghancurkan Alam Semesta

Gelembung Energi Bisa Menghancurkan Alam Semesta

"Ternyata kita berada di tepi antara alam semesta yang stabil dan alam semesta yang tidak stabil," kata fisikawan, Joseph Lykken dari Fermi National Accelerator Laboratory.

"Kita berada agak tepat di tepi di mana alam semesta bisa bertahan untuk waktu yang lama."

"Meski pada akhirnya, itu akan ‘meledak’.'"

Lebih buruk lagi, proses di balik akhir dramatis ini untuk semua kehidupan seperti yang kita tahu mungkin sudah dimulai, tendangan dimulai oleh adanya interaksi dengan lubang hitam. Para ahli mengatakan kelengkungan ruang-waktu di sekitar lubang hitam mikroskopis bisa memulai keruntuhan Higgs boson.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar