Wow, Robot Ini Pecahkan Rubik Dalam 0,38 Detik


Minggu, 11 Maret 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Wow, Robot Ini Pecahkan Rubik Dalam 0,38 Detik

Ada yang punya hobi mainan Rubik? Wah, jujur saya dari dulu suka banget yang namanya mainan Rubik? Permainan yang satu ini tidak bisa dianggap sepele, kelihatannya mudah tapi sulit untuk diterapkan. Memang, untuk menyelesaikan rubik ada rumus tertentu yang harus kita pelajari.

Namun, lain halnya dengan robot. Mungkin rumus-rumus yang rumit itu dapat diterapkan dengan mudah oleh robot yang diprogram. Bahkan tidak tanggung-tanggung, waktu tercepat pun bisa dicapai hanya oleh robot.

Baca Juga:

Wow, Robot Ini Pecahkan Rubik Dalam 0,38 Detik

Nah, robot yang satu ini contohnya. Robot ini berhasil memecahkan rubik hanya dalam hitungan detik bahkan dibawah 1 detik. Sehingga hampir tidak dapat terlihat oleh mata langsung karena kecepatannya yang luar biasa. Dikembangkan oleh mahasiswa robotika MIT, Ben Katz dan pengembang perangkat lunak Jared Di Carlo, robot tersebut telah mengalahkan rekor dunia sebelumnya 0,63 detik dengan menggunakan tipe motor yang berbeda.

"Kami melihat bahwa pemecah kubus Rubik cepat menggunakan motor stepper dan berpikir bahwa kami dapat melakukannya dengan lebih baik lagi jika menggunakan motor yang lebih baik," tulis Di Carlo.

Perangkat ini menggunakan dua kamera PlayStation Eye untuk menentukan konfigurasi kubus saat ini dan setiap gerakan masing-masing hanya membutuhkan 15 milidetik untuk menyelesaikannya.

"Salah satu trik berlawanan untuk mendapatkan sesuatu agar bekerja dengan baik adalah membuat kubus sangat ketat," catat Katz.

"Mesin pasti bisa melaju lebih cepat, tapi proses baliknya sangat memakan waktu karena perlu dilakukan debugging dengan kamera kecepatan tinggi, dan kesalahan sering kali menghancurkan kubus."

Yuk, intip videonya:

VIDEO ROBOT SELESAIKAN RUBIK 0,38 DETIK

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar: