Fosil Gelembung Oksigen 1,6 Miliar Tahun Yang Lalu


Sabtu, 10 Maret 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Ditemukan Fosil Gelembung Oksigen 1,6 Miliar Tahun Yang Lalu

Sebuah fosil yang unik telah ditemukan di India Tengah, yang diperkirakan berasal dari 1,6 miliar tahun yang lalu. Fosil tersebut adalah fosil dari gelembung oksigen yang terperangkap akibat ulah dari mikroba kecil yang hidup di sebuah tempat laut dangkal pada waktu Bumi berusia muda.

Fosil gelembung oksigen dan struktur dari cyanobacterial tersebut berasal dari Vindhyan Supergroup India yaitu salah satu sedimen terbesar dan paling tebal di dunia. Akhirnya, berkat temuan fosil gelembung itu, para peneliti dapat mempelajari kehidupan awal di Bumi.

Baca Juga:

Fosil Gelembung Oksigen 1,6 Miliar Tahun Yang Lalu

Menurut peneliti, mikroba itu bukan hanya bentuk kehidupan pertama di Bumi, akan tetapi juga telah mengubah planet kita ini menjadi sebuah lingkungan yang dapat ditoleransi bagi tanaman dan hewan. Yang pada dasarnya, mereka adalah pembuka jalan bagi kehidupan yang kita ketahui saat ini.

Di perairan yang dangkal, mikroba awal atau cyanobacteria ini bisa tumbuh subur. Mereka dapat menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Mungkin inilah penyebab dari terbentuknya fosil gelembung oksigen tersebut yang seiring berjalannya waktu terperangkap dalam sedimen.

Fosil Gelembung Oksigen 1,6 Miliar Tahun Yang Lalu

Fosil Gelembung Oksigen 1,6 Miliar Tahun Yang Lalu

Fosil Gelembung Oksigen 1,6 Miliar Tahun Yang Lalu

“Kami menafsirkannya sebagai gelembung oksigen yang dibuat di biomas cyanobacterial di perairan dangkal 1,6 miliar tahun yang lalu,” kata Therese Sallstedt.

Cyanobacteria diduga kuat telah berperan aktif mengubah wajah Bumi, karena mereka bertanggung jawab mengoksidasi atmosfer. Mereka juga diyakini sebagai pencipta fosfor di perairan dangkal, sehingga memungkinkan para ilmuwan bisa mempelajari ekosistem kuno ini. Struktur sedimen yang disebut stromatolit adalah hasil kreasi mereka yang kini tetap ada di Bumi hingga saat ini.

Fosil ini merupakan tanda tangan kehidupan yang berasal dari Bumi saat berusia muda.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(sdu)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar