Ditemukan Berlian Yang Mengandung Mineral Asing


Sabtu, 10 Maret 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ditemukan Berlian Yang Mengandung Mineral Asing

Sebuah berlian mungil telah ditemukan mengandung sejenis mineral asing yang sama sekali belum pernah terlihat di alam. Dikenal sebagai peroksida kalsium silikat (CaSiO3), mineral tersebut ditemukan di dalam berlian yang digali dari tambang Cullinan Afrika Selatan, yang terkenal dengan penemuan berlian terbesar di dunia.

Apa yang membuat mineral sangat tidak biasa adalah kenyataan bahwa ini adalah bukti pertama yang dapat diamati keberadaannya di alam yang pernah ditemukan, terlepas dari kenyataan bahwa mineral tersebut diyakini berada di dalam mantel Bumi yang cukup dalam.

Baca Juga:

Ditemukan Berlian Yang Mengandung Mineral Asing

Anehnya, berlian khusus ini ditemukan kurang dari 1 km ke bawah permukaan, meskipun para ilmuwan percaya bahwa aslinya mineral tersebut terbentuk sejauh 700 km di bawah permukaan Bumi.

Lalu bagaimana ia bisa mencuat ke bagian atas Bumi?

"Tidak ada yang pernah berhasil menjaga mineral ini stabil di permukaan bumi," kata rekan penulis studi Graham Pearson. "Satu-satunya cara yang mungkin untuk melestarikan mineral ini di permukaan Bumi adalah saat ia terjebak dalam wadah yang terkeras seperti berlian."

Ditemukan Berlian Yang Mengandung Mineral Asing

Penemuan ini membantu para ilmuwan untuk lebih memahami apa yang tersembunyi di bawah kaki kita.

"Kami memiliki gambaran tentang apa yang kita pikirkan ada di sana, tapi tidak ada yang pernah memiliki sepotong bahan ini di tangan," kata Pearson.

Ini merupakan sesuatu yang langka.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar