Ilmuwan Peringatkan Keberadaan 'Penyakit X' Misterius


Senin, 12 Maret 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Ilmuwan Memperingatkan Keberadaan 'Penyakit X' Yang Misterius

Organisasi Kesehatan Dunia telah menyoroti potensi bahaya dari patogen mematikan yang belum diketahui. Setiap tahun, badan kesehatan global ini mengadakan pertemuan ilmuwan senior dalam upaya menyusun daftar ringkas penyakit yang paling mungkin menyebabkan keadaan darurat kesehatan masyarakat internasional yang utama.

Meskipun tidak mengherankan jika melihat virus seperti Zika dan Ebola berhasil masuk ke dalam daftar, namun sesuatu yang tidak terduga juga telah ikut ditambahkan, yaitu penyakit misterius yang disebut sebagai 'Penyakit X'.

Ternyata, penyakit yang tidak ditentukan ini sebenarnya adalah placeholder.

Baca Juga:

Ilmuwan Peringatkan Keberadaan Penyakit X Misterius

"Penyakit X mewakili pengetahuan bahwa epidemi internasional yang serius dapat disebabkan oleh patogen yang saat ini tidak diketahui menyebabkan penyakit manusia," kata WHO dalam sebuah pernyataan.

Dengan potensi pengeditan gen untuk menghasilkan penyakit yang jauh lebih mematikan daripada yang pernah ada sebelumnya, tidaklah sulit untuk melihat mengapa petugas kesehatan disarankan untuk mengharapkan yang tak terduga.

"Sejarah mengatakan kepada kita bahwa kemungkinan wabah besar berikutnya akan menjadi sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata John-Arne Rottingen, kepala executive Dewan Riset Norwegia.

"Kelihatannya aneh jika menambahkan 'X' tapi intinya adalah memastikan kita mempersiapkan dan merencanakan secara fleksibel dalam hal vaksin dan tes diagnostik."

"Kami ingin melihat platform 'plug and play' dikembangkan yang akan bekerja untuk setiap, atau sejumlah besar penyakit, sistem yang memungkinkan kita membuat tindakan balasan dengan kecepatan tinggi."

Hmmm, penyakit yang muncul tak terduga memang menjadi satu hal yang perlu di waspadai, apalagi seiring dengan kemajuan teknologi, perubahan cuaca yang ekstrem, produksi minuman dan makanan yang semakin bervariasi serta banyak lagi hal-hal yang dapat memicu munculnya penyakit baru.

Waspada, jaga kesehatan kalian!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(smh)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar