Planet Raksasa Misterius Ditemukan di Pusat Galaksi


Minggu, 12 November 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Planet Raksasa Misterius Ditemukan di Pusat Galaksi

Dunia misterius 4.000 kali lebih masif daripada Bumi telah ditemukan bersembunyi pada jarak 22.000 tahun cahaya jauhnya, atau tepatnya di pusat galaksi kita.

Ditemukan oleh tim astronom internasional yang menggunakan data dari teleskop ruang angkasa Spitzer infra merah milik NASA, sesuatu objek yang tidak biasa diberi nama OGLE-2016-BLG-1190Lb ini terlihat begitu besar sehingga ilmuwan masih memperdebatkan apakah sebenarnya objek tersebut adalah planet atau sebuah bintang.

Baca Juga:

Dunia misterius tersebut ditemukan melalui kolaborasi astronomi Polandia yang dikenal sebagai Optical Gravitational Lensing Experiment (Ogle) yang mencari planet jauh dengan mengamati bintang-bintang yang lewat di depan bintang lain.

Planet Raksasa Misterius Ditemukan di Pusat Galaksi

Bila ini terjadi, gravitasi bintang latar depan dapat memusatkan cahaya bintang latar belakang, membuatnya tampak lebih terang dan membantu menyoroti kehadiran dunia yang mengorbit.

"Kami melaporkan penemuan OGLE-2016-BLG-1190Lb, yang kemungkinan merupakan planet lensa mikro Spitzer pertama yang berada di tonjolan/bar galaksi, sebuah penempatan yang dapat dikonfirmasi oleh dua masa pencitraan resolusi tinggi gabungan sumber-lensa objek dasar, "tulis para peneliti.

"Massa planet menempatkannya tepat pada batas pembakaran deuterium, yaitu batas konvensional antara 'planet' dan 'bintang katai coklat'".

Namun, lebih jelasnya, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(news) Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar