Peta Langka Australia Abad ke-17 Muncul Kembali


Jumat, 10 November 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Peta Langka Australia Abad ke-17 Muncul Kembali

Peta yang sangat langka, yang hanya sedikit yang diketahui ada, telah muncul kembali setelah 350 tahun lamanya. Peta tersebut adalah salinan dari 'Archipelagus Orientalis' yang diciptakan oleh kartografer kartun Belanda, Joan Blaeu pada abad ke-17 sebelum orang-orang Eropa menjelajahi seluruh benua tersebut.

Dianggap sebagai peta Australia yang paling penting di Australia sebelum kedatangan Inggris, peta tersebut kehilangan sebagian besar pantai timur Australia namun mencakup rincian awal pengamatan Tasmania oleh pelaut Abel Tasman yang mengunjungi pulau itu pada tahun 1642.

Baca Juga:

Peta Langka Australia Abad ke-17 Muncul Kembali

Peta tersebut dibuat lebih dari 100 tahun sebelum Kapten James Cook berlayar ke bagian yang belum dipetakan di Samudra Pasifik, dan melengkapi peta pantai Australia.

Luar biasa, peta tersebut, yang berukuran sekitar lima kaki lebarnya, baru-baru ini muncul di sebuah fasilitas penyimpanan di Stockholm, tepatnya di perkebunan penjual barang antik yang telah ada selama beberapa dekade.

Peta Langka Australia Abad ke-17 Muncul Kembali

Peta Langka Australia Abad ke-17 Muncul Kembali

"Faktanya, peta tersebut telah bertahan luar biasa sekali, dan mungkin berutang banyak pada kenyataan bahwa tidak ada yang tahu bahwa itu telah ada selama sekitar satu abad," kata Ryan Stokes, ketua National Library of Australia Council.

Peta tersebut saat ini telah dipajang di markas besar Perpustakaan Nasional di Canberra sampai pertengahan 2018 nanti.

VIDEO PETA LANGKA ABAD-17

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar