Fosil Burung Prasejarah ditemukan di Kutub Utara


Jumat, 30 Desember 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebuah fosil spesies baru burung camar ditemukan di wilayah Arktik, penemuan ini memberikan petunjuk baru tentang keadaan Kutub Utara pada masa prasejarah. Karena spesies seperti ini biasanya hidup di wilayah yang hangat seperti Florida. Suhu Kutub Utara mungkin dingin pada saat ini, tapi 90 juta tahun yang lalu itu adalah cerita yang sangat berbeda.

Bukti terbaru ini, berupa tulang sayap fosil yang ditemukan di Kutub Utara Kanada, milik spesies burung penyelam yang tinggal di kawasan itu bersama ikan-ikan, kura-kura dan reptil seperti buaya.

Fosil Burung Prasejarah ditemukan di Kutub Utara

Baca Juga:

Spesies ini bernama Tingmiatornis Arctica, burung ini merupakan persilangan antara burung camar dan burung cormorant. Burung prasejarah yang baru ditemukan ini bisa terbang dan menyelam serta memiliki gigi.

"Ini adalah periode hyperwarm, lonjakan nyata dalam suhu di mana kita berpikir bahkan selama musim dingin di sana tidak membuat air menjadi dingin," kata ahli geofisika John Tarduno. "Tingmiatornis Arctica menambah petunjuk gambaran ini bahwa kita memiliki Arktik yang sangat hangat pada 90 juta tahun yang lalu."

Fosil Burung Prasejarah ditemukan di Kutub Utara

Masih belum jelas mengapa dunia begitu jauh lebih hangat selama Periode Cretaceous, namun para ilmuwan percaya bahwa hal itu bisa saja karena sejumlah besar karbon dioksida yang dipompa ke atmosfer selama periode vulkanisme yang sangat aktif saat itu.

Bahkan pada saat terdingin, suhu Arktik hanya akan turun menjadi sekitar 57 derajat Fahrenheit.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar