'Hiu Hantu' Tertangkap Film untuk Pertama Kalinya


Senin, 19 Desember 2016
Label:

[Sains Box] Spesies hiu misterius telah ditemukan di laut Pasifik yang ditangkap dalam film lepas pantai California. Hiu yang juga dikenal dengan nama chimaera ini adalah ikan bertulang rawan dan bermata mati dari sejenis hiu lebih dari 400 juta tahun yang lalu dan telah diam-diam berkeliaran di kedalaman laut terdalam sejak itu.

Kini untuk pertama kalinya, para peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute di California telah merilis sebuah rekaman yang menunjukkan keberadaan spesies hiu aneh ini di habitat aslinya. Hiu ini juga sering disebut sebagai 'Hiu Hantu'.

Hiu Hantu Tertangkap Film untuk Pertama Kalinya

Baca Juga:

Video ini diambil menggunakan kendaraan submersible yang dioperasikan dari jarak jauh.

"Orang-orang yang merekamnya benar-benar ahli geologi," kata Dave Ebert, direktur program untuk Pacific Shark Research Center di Moss Landing Marine Laboratories. "Biasanya, orang-orang mungkin jarang melihat di sekitar daerah ini, sehingga sangat sedikit mendapatkan keberuntungan."

Hiu Hantu Tertangkap Film untuk Pertama Kalinya

Dikenal sebagai chimaera biru berhidung runcing, hiu ini sangat sulit dipahami. Hiu hantu (Ghost Shark) dianggap hanya hidup di belahan bumi selatan yang berarti bahwa ini juga merupakan spesimen pertama yang pernah ditemukan di utara khatulistiwa.

Cuplikan dari Hiu Hantu yang ditangkap oleh kamera ROV dapat dilihat di bawah ini.

VIDEO HIU HANTU

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar