Spesies Baru Ikan Arapaima yang Menuju Kepunahan


Minggu, 04 Desember 2016
Label:

[Sains Box] Spesies baru dari ikan arapaima atau biasa dikenal juga dengan nama pirarucu yang misterius telah ditemukan di perairan sungai yang tenang dan terpencil di Amazon. Berukuran sampai 10 kaki panjangnya dan berat hingga 200 kg, ikan arapaima yang telah lama menjadi sesuatu dari teka-teki ini ditemukan dalam perairan sungai yang tenang dan beroksigen di Amerika Selatan, ikan raksasa hutan hujan ini ternyata bisa bernafas udara melalui paru-paru primitifnya dan telah berhasil menghindari studi berkat lokasinya yang terpencil dan faktanya bahwa ikan ini cukup sulit untuk ditangkap.

Sampai sekarang, arapaima yang ditemukan di Amazon telah diduga milik spesies yang sama, meskipun dengan variasi regional. Menurut National Geographic explorer Donald J. Stewart dan rekannya, ada beberapa spesies, bahkan banyak dari mereka yang belum ditemukan.

Spesies Baru Ikan Arapaima yang Menuju Kepunahan

Baca Juga:

Temuan mereka didasarkan pada spesimen yang dikumpulkan pada tahun 2001 yang telah berubah menjadi spesies yang jelas berbeda dengan sebagian besar arapaima yang tertangkap di wilayah tersebut.

"Saya pikir kami akan memiliki lebih banyak spesies sebelum kita selesai," kata Stewart.

Sementara itu, penemuan ini adalah berita baik bagi ahli biologi, ini berarti bahwa beberapa ikan sulit dipahami mungkin jauh lebih langka daripada yang diyakini sebelumnya.

Saat ini adalah ilegal untuk menangkap ikan arapaima, sebab ikan ini dianggap tersisa hanya sekitar 5.000-an saja.

Spesies Baru Ikan Arapaima yang Menuju Kepunahan

Jika populasi ini terdiri dari beberapa spesies yang berbeda, maka itu berarti bahwa banyak dari mereka yang akan menjadi jauh lebih terancam punah dan beberapa bahkan bisa berada di ambang kepunahan.

"Kita perlu memperhatikan keragaman ini, sehingga kita tidak menghilangkan salah satu dari mereka," kata Stewart.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar