Pengeboran Uap Bumi Terpanas di Dunia Hampir Selesai


Minggu, 18 Desember 2016
Label:

[Sains Box] The Iceland Deep Drilling Project (IDDP), merupakan kolaborasi antara pemerintah Islandia dan berbagai ilmu pengetahuan serta kelompok industri, yang bertujuan untuk menciptakan sumber baru energi panas bumi dengan menelusuri ke gunung berapi di semenanjung Islandia Reykjanes. Mereka bersama para ahli geologi akan melakukan pengeboran 5 km ke dalam batu untuk mendapatkan panas bumi hingga lebih dari 500 derajat Celcius.

Tim pengeboran telah bekerja non-stop sejak bulan Agustus yang lalu, kini mereka sudah berhasil menelusuri kedalaman 4.500 meter dan diharapkan akan mencapai tujuan proyek yaitu 5.000 meter pada akhir tahun ini.

Pengeboran Bumi Terpanas di Dunia Hampir Selesai

Baca Juga:

"Kami berharap bahwa ini akan membuka pintu baru bagi industri panas bumi secara global untuk melangkah ke era produksi yang lebih," kata CEO Asgeir Margeirsson.

"Di daerah ini, di Reykjanes, kita biasanya mengebor untuk kedalaman 2 km atau 3 km demi memanfaatkan uap, yang digunakan untuk menjalankan pembangkit listrik produksi bersih, listrik terbarukan."

"Kami ingin melihat apakah sumber daya ini bisa dicapai lebih dalam dari itu."

Pada kedalaman 5 kilometer, panas dan tekanan yang ekstrim diperkirakan menghasilkan apa yang dikenal sebagai "uap superkritis" yang bisa menghasilkan hingga 10 kali lebih banyak energi uap dari biasanya.

Pengeboran Bumi Terpanas di Dunia Hampir Selesai
Iceland Deep Drilling Project

Pengeboran Bumi Terpanas di Dunia Hampir Selesai

"Ini akan semakin panas - dan itulah yang kami inginkan," kata kepala ahli geologi Gudmundur Omar Fridleifsson.

"Kami tidak berharap untuk mengebor ke magma, tapi kita akan melakukan pengeboran ke batu panas."

"Dan dengan batu panas, kita berarti bisa mendapat 400 hingga 500 derajat Celcius."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar