Rotasi Bumi Makin Melambat, Sehari Bisa Jadi 25 Jam


Kamis, 08 Desember 2016
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah mempelajari dan menganalisa berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi kita untuk mendapatkan tambahan jam dalam satu hari. Ini mungkin tidak jelas, tetapi satu hari terasa semakin panjang terus berkembang dari waktu ke waktu. Tentu saja, hal ini akan berdampak pada jumlah jam dalam sehari yang juga semakin ke depan akan ditambah.

Situasi ini terjadi akibat dari rotasi bumi yang secara bertahap terus melambat, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rotasi tunggal pun semakin meningkat. Selama 2.700 tahun terakhir ini setara dengan sekitar 2 milidetik per abad.

Rotasi Bumi Makin Melambat, Sehari Bisa Jadi 25 Jam

Baca Juga:

Dalam penelitian terbaru, para peneliti dari Universitas Durham dan Kantor Nautical Almanac Inggris memutuskan untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panjang hari meningkat satu jam.

Dengan menganalisis catatan sejarah gerhana dan peristiwa langit lainnya, mereka bekerja bahwa itu akan memerlukan jangka waktu hingga 200 juta tahun untuk perlambatan rotasi yang mengakibatkan waktu tempuh dalam sehari putaran menjadi 25 jam sehari.

"Ini adalah proses yang sangat lambat," kata rekan penulis studi Leslie Morrison.

"Perkiraan ini adalah kurang lebihnya, karena kekuatan geofisika beroperasi pada rotasi bumi tidak akan selalu konstan selama suatu jangka waktu yang panjang."

Ini berarti masih dalam bentuk hal yang tidak pasti.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar