Reaktor Fusi Nuklir di Jerman Akhirnya Dapat Bekerja


Rabu, 07 Desember 2016
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa mesin eksperimental telah berhasil dioperasikan dengan 'akurasi belum pernah terjadi sebelumnya'. Menciptakan fusi nuklir seringkali dianggap 'hal yang mustahil' dari pembangkit listrik. Fusi nuklir adalah proses yang sama yang menghasilkan energi di matahari dan bekerja dengan menggabungkan inti hidrogen bersama-sama untuk menciptakan helium.

Tidak seperti fisi nuklir yang datang dengan risiko krisis, fusi jauh lebih bersih dan lebih aman sementara bahan bakar hidrogen yang digunakan oleh proses yang begitu melimpah praktis tak terbatas.

Reaktor Fusi Nuklir di Jerman Akhirnya Dapat Bekerja

Baca Juga:

Wendelstein 7-X (W 7-X) stellerator di Jerman adalah salah satu dari beberapa proyek di seluruh dunia yang bertujuan untuk membuat impian energi fusi nuklir menjadi kenyataan. Mesin ini pertama kali dioperasikan pada bulan Februari, para ilmuwan di balik reaktor ini sekarang telah melaporkan bahwa ia telah berhasil melebihi harapan.

Reaktor Fusi Nuklir di Jerman Akhirnya Dapat Bekerja

Kunci keberhasilan telah menciptakan medan magnet super-kuat tiga dimensi diperlukan untuk menjaga bola dari plasma berada di tempat cukup lama untuk reaksi fusi nuklir terjadi.

Uji coba terakhir dari sistem telah dilaporkan memiliki tingkat kesalahan yang mengesankan yaitu kurang dari satu dalam 100.000.

"Untuk pengetahuan kita, ini adalah akurasi belum pernah terjadi sebelumnya, baik dari segi teknik yang dibangun dari perangkat fusi, serta dalam pengukuran topologi magnetik," tulis para ilmuwan.

Reaktor Fusi Nuklir di Jerman Akhirnya Dapat Bekerja

Pada tanggal 10 Desember 2015, Plasma pertama di Wendelstein 7-X. ini berhasil tercipta terdiri dari helium dan mencapai suhu sekitar satu juta derajat Celsius. (gambar bawah)

Reaktor Fusi Nuklir di Jerman Akhirnya Dapat Bekerja

Pencapaian ini tentu kabar baik, namun masih ada jalan panjang untuk dilalui sebelum energi fusi nuklir menjadi kenyataan. Berdasarkan pada enam dekade penelitian, kenyataannya tetap bahwa kita semakin dekat mencapai apa yang akan menjadi salah satu terobosan ilmiah terbesar dalam sejarah.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar