Percobaan Sel Gen-editing Pertama di Dunia Pada Manusia


Senin, 21 November 2016
Label: ,

[Sains Box] Para peneliti di Cina telah menyuntikkan pasien dengan sel darah yang dimodifikasi menggunakan teknik CRISPR gen-editing. Uji klinis untuk pertama kalinya, melihat pasien manusia disuntik dengan sel gen-editing sebagai bagian dari upaya untuk menentukan apakah perlakuan semacam ini aman untuk digunakan.

Penerima adalah salah satu dari sepuluh orang yang mengidap kanker terminal paru-paru dimana saat ini terdaftar di percobaan.

Percobaan Sel Gen-editing Pertama di Dunia Pada Manusia

Baca Juga:

Perawatan ini bekerja dengan menggunakan teknik gen-editing yang dikenal sebagai CRISPR yang memungkinkan peneliti untuk secara langsung menargetkan gen spesifik dan menghapus atau memodifikasi mereka sesuai kebutuhan.

Dalam hal ini, tim menargetkan gen dalam sel T pasien, yaitu sejenis sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari serangan sel berbahaya lainnya.

Sel-sel kanker cenderung diabaikan oleh sel T karena mereka diproduksi oleh tubuh inang sendiri, sehingga dengan 'mematikan' protein yang menekan sel-sel T, para peneliti berharap untuk dapat mendorong mereka untuk menyerang sel kanker paru-paru pasien yang jauh lebih agresif.

Percobaan Sel Gen-editing Pertama di Dunia Pada Manusia

Gen-editing telah dianggap sesuatu dari praktik kontroversial sejauh ini, karena potensinya yang dapat menciptakan manusia dengan ditingkatkan secara genetis dan desain bayi.

Namun, aplikasi medis dari teknologi ini akhirnya bisa menyelamatkan jutaan nyawa. Jika memang berguna, kenapa harus menjadi kontroversi?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar