Bukti Lebih Lanjut Tentang Adanya Laut di Pluto


Sabtu, 19 November 2016
Label:

[Sains Box] Posisi fitur yang menyerupai 'hati' planet kerdil ini telah lama menjadi teka-teki. Saat ini dua tim peneliti berpendapat bahwa Pluto berpotensi memiliki laut besar dengan melihat posisi hati tersebut. Laut bawah tanah yang luas telah menjadi topik terbaru para ilmuwan yang meneliti Pluto baru-baru ini. Fitur berbentuk hati yang ada di permukaan Pluto yang dikenal sebagai Tombaugh Regio diyakini telah dibentuk oleh dampak meteorit jutaan tahun yang lalu.

Membentang di atas permukaan 1.000 km melintasi area Sputnik Planitia, yaitu cekungan equatorial yang tertutup es, 'hati' Pluto ini telah membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mungkin terjadi di bawah permukaannya.

Bukti Lebih Lanjut Tentang Adanya Laut di Pluto

Baca Juga:

Salah satu misteri terbesar terkait dengan daerah ini adalah bagaimana ia tampaknya muncul berposisi menjauh dari bulan terbesar Pluto yaitu Charon. Konfigurasi yang tidak mungkin terjadi murni secara kebetulan. Pasti ada faktor lain yang menyebabkannya. (Lihat gambar di bawah)

Kini, dua makalah penelitian baru telah mengajukan ide bahwa Pluto mungkin telah benar-benar terbalik akibat pengaruh adanya kawah berisi air.

Bukti Lebih Lanjut Tentang Adanya Laut di Pluto

Alasan untuk ini, para ilmuwan berpendapat, adalah bahwa air cair dari laut bawah tanah di Pluto mungkin telah mengisi kawah yang ditinggalkan oleh dampak meteorit, dan menciptakan "anomali gravitasi positif" yang memungkinkan mengapa planet kerdil ini berotasi lebih ke sisinya.

Laut bawah tanah yang luas ini dianggap sama luasnya dengan semua lautan bumi yang disatukan. Wow!

Celah-celah yang diamati dalam kerak es Pluto juga tampaknya cocok dengan hipotesis ini.

Yuk kita intip penjelasan singkatnya di video bawah:

VIDEO BUKTI LAUT DI PLUTO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar