Deposit Silika Adalah Bukti Kehidupan Masa Lalu di Mars?


Senin, 28 November 2016
Label:

[Sains Box] Ahli geologi telah berhasil menghubungkan deposito silika di Mars dengan proses biologis yang terjadi di Bumi. Tim dari Arizona State University menemukan kesamaan yang menarik antara deposito silika yang difoto oleh NASA Spirit Rover di Mars sembilan tahun yang lalu dan deposit silika air panas di Chile utara yang diketahui setidaknya sebagian terbentuk melalui proses biologis.

Deposit Silika Adalah Bukti Kehidupan Masa Lalu di Mars?

Baca Juga:

"Fakta bahwa mikroba berperan dalam memproduksi struktur silika khas di El Tatio menimbulkan kemungkinan bahwa struktur silika di Mars juga terbentuk dengan cara yang sebanding," kata Steve Ruff, salah satu peneliti yang terlibat dalam penelitian ini.

"Dengan kata lain, dengan bantuan organisme yang hidup pada waktu itu."

Sementara penelitian ini tidak membuktikan bahwa deposito di Mars benar-benar hasil proses biologis, pola yang terlihat di Chile telah digambarkan sebagai "paling mirip dengan silika di Mars” setelah dibandingkan dari berbagai deposito silika di Bumi.

Lihat kemiripan silika di Mars dan di Bumi pada gambar di bawah ini:

Deposit Silika Adalah Bukti Kehidupan Masa Lalu di Mars?

Kita memang tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa lalu planet Mars, namun setidaknya ini akan menjadi sesuatu yang harus dipelajari lebih lanjut untuk memastikannya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar