Asgardia, Negara Pertama Yang Dibangun di Luar Angkasa


Sabtu, 15 Oktober 2016
Label: ,

[Sains Box] Ini mungkin terdengar ambisius, sebuah proyek besar sedang dibangun di luar angkasa. Tidak tanggung-tanggung, proyek tersebut adalah membangun negara bernama 'Asgardia' dan akan menjadi negara pertama yang berlokasi di luar angkasa. Katanya, Asgardia akan berusaha untuk menjaga seluruh planet.

Proyek luar biasa ambisius ini telah didalangi oleh sebuah konsorsium internasional dari ilmuwan, insinyur, pengusaha dan pengacara yang dipimpin oleh nanoscientist Rusia, Igor Ashurbeyli, yang sebelumnya mendirikan Aerospace Research Center International di Wina.

Asgardia, Negara Pertama Yang Dibangun di Luar Angkasa

Baca Juga:

Ide di balik penamaan Asgardia sendiri, dinamai berdasarkan kota mitos mitologi Nordik, yaitu untuk menciptakan sebuah negara merdeka di mana kemajuan ilmu pengetahuan diprioritaskan lebih ambisi keuangan dan politik.

"Komponen ilmiah dan teknologi proyek dapat dijelaskan hanya dalam tiga kata: perdamaian, akses, dan perlindungan," kata Ashurbeyli saat konferensi pers baru-baru ini di Paris.

Seolah-olah ini tidak cukup ambisius, proyek ini juga berusaha untuk mempertahankan Bumi terhadap ancaman dari luar angkasa seperti ancaman asteroid, jilatan api matahari dan puing-puing ruang angkasa.

Sejauh ini, memang masih belum berjalan, namun sudah ada rencana untuk meluncurkan satelit pertama sebelum akhir tahun depan.

Asgardia, Negara Pertama Yang Dibangun di Luar Angkasa

Untuk menjadi warga Asgardia, cara sederhana saat ini yang dilakukan adalah mendaftar online tapi sampai modul ruang angkasa tempat tinggal yang layak menjadi tersedia, penduduk Asgardia akan tetap tinggal di Bumi.

Saat ini, sudah tercatat sebanyak 1.400 Asgardians pada data pendaftaran dan ada harapan bahwa angka itu akan dapat mencapai 100.000 dimana diberlakukan bagi yang masih usia muda juga diperbolehkan untuk mendaftar dan bergabung menjadi warga negara Asgardia.

Apakah proyek ini akan berjalan lancar dan berhasil lepas landas? Kita tunggu perkembangannya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar