Konsep Jubah Penghilang Pesawat 'Star Trek' Ditemukan


Kamis, 18 Agustus 2016
Label:

[Sains Box] Ketika Anda menonton film Harry Potter pasti Anda akan tahu apa itu yang namanya 'jubah gaib'. Di film Harry Potter, bentuknya memang menyerupai jubah yang digunakan melilit tubuh Harry agar tidak dapat terlihat dan bisa menyelinap di malam hari. Namun, konsep 'menghilangkan objek' sehingga menjadi tak kasat mata ini ternyata juga digunakan dalam film sci-fi 'Star Trek: The Next Generation', dimana teknologi ini dikenal sebagai "cloaking device" yang dapat membuat pesawat yang begitu besar menjadi tidak nampak dengan mata telanjang. Lalu, apakah benar-benar ada teknologi semacam itu?

Konsep Jubah Penghilang Pesawat Star Trek Ditemukan

Baca Juga:

Termotivasi dari film Star Trek inilah, seorang profesor di Institut Optik di University of Rechester yang bernama John Howell dan rekannya Joseph Choi mencoba mengeksplorasi kemungkinan ilmiah nyata dari perangkat 'cloaking' ini dengan menggunakan teknologi kontemporer.

John Howell menjelaskan bahwa dalam kehidupan nyata perangkat cloaking untuk skala kecil akan menjadi semua tentang fisika dasar dari 'Gaib'. "Apakah dengan cara mengambil sinar cahaya dan membiaskannya ke sekitar obyek sehingga cahaya tersebut sampai ke pengamat seolah-olah tidak ada di sana."

Dengan menggunakan perangkat optik dari berbagai macam lensa, Joseph Choi mencoba menjelaskan konsep 'menghilangkan objek' ini. Dan percobaannya berhasil. Ia berhasil membuat objek yang ada di depan lensa menjadi tidak terlihat. Ia berhasil melihat tembus pandang melewati telapak tangannya yang tidak terlihat.

Konsep Jubah Penghilang Pesawat Star Trek Ditemukan
Telapak tangan yang tembus pandang

Secara teori, semua yang dilakukan ini dalam upaya dapat melihat secara 'tembus pandang' pada objek memang sudah dilakukan dengan benar. Yaitu dengan cara memproyeksikan gambar linear dari garis kotak-kotak yang ada di belakang objek melalui segala arah secara bersamaan. Namun, bagaimana cara ini dilakukan untuk dapat menghilangkan sebuah pesawat? Tapi, itu tidak menutup kemungkinan konsep ini akan berkembang di masa depan.

Satu hal yang harus dipertanyakan, dalam Star Trek, jubah sebuah pesawat ruang angkasa selalu berkaitan dengan perebutan kekuasaan besar. Tetapi apa yang akan kita lakukan dengan teknologi ini dalam kehidupan nyata? Apakah akan kita gunakan untuk bersembunyi dari teman-teman kita saat bermain petak umpet? Atau, akan membuat sebuah kapal perang raksasa menjadi tidak terlihat? Bayangkan sendiri dan putuskan dengan bijak, apakah kita memerlukan teknologi ini, untuk saat ini?

VIDEO KONSEP JUBAH GAIB

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar: