Gambar Tersembunyi di Naskah Kuno Berusia 500 Tahun


Senin, 22 Agustus 2016
Label:

[Sains Box] Gambar misterius yang bersembunyi pada naskah dari Meksiko telah mengungkapkan serangkaian gambar bercerita tersembunyi. Salah satu dari 20 naskah yang masih bertahan dibuat di Amerika sebelum kedatangan orang Eropa telah menuai banyak pertanyaan terkait dengan ditemukannya gambar yang tersembunyi. Naskah kuno yang terkenal dengan sebutan "Codex Selden" ini berusia sekitar 500 tahun yang berisi beberapa halaman kaku dari lukisan di atas naskah dengan lapisan kapur putih dan plester.

Gambar Tersembunyi di Naskah Kuno Berusia 500 Tahun

Baca Juga:

Para ahli telah lama menduga bahwa naskah kuno itu berisi lebih dari hanya halaman kosong belaka tetapi itu baru terungkap sampai diketahuinya pengembangan teknik yang dikenal sebagai pencitraan hiperspektral untuk dapat mengintip melalui lapisan naskah yang sudah berabad-abad lamanya dan mengungkap gambar hidup tersembunyi di bawahnya.

Seperti beberapa naskah Meksiko lainnya yang berasal dari periode yang sama, halaman naskah ini ditemukan penuh dengan pictographs berwarna-warni mewakili kata-kata dan frase dari sebuah cerita.

Orang-orang tertentu dan peristiwa yang digambarkan dalam gambar namun belum sepenuhnya dapat dipahami.

"Ini sangat banyak mengandung teknik baru," kata rekan penulis studi David Howell.

Gambar Tersembunyi di Naskah Kuno Berusia 500 Tahun

"Kami telah belajar pelajaran berharga tentang bagaimana menggunakan pencitraan hiperspektral di masa depan baik untuk naskah yang sangat rapuh seperti ini dan untuk hal lain yang tak terhitung jumlahnya."

Dengan adanya pencitraan hiperspektral ini, telah berhasil mengungkap adegan piktografik tersembunyi di bawah lapisan plester dan kapur pada naskah kuno tersebut, yang semula tidak terlihat dengan mata telanjang.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar