Laut Tersembunyi di Pluto Diduga Mendukung Kehidupan


Rabu, 02 September 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Profesor Brian Cox telah mengajukan gagasan bahwa Pluto mungkin menyembunyikan kehidupan primitif. Sampai saat ini hanya planet Bumi saja yang telah kita ketahui memiliki kehidupan di alam semesta ini, namun dari berbagai penelitian yang mulai mengekplorasi hingga ke luar sistem tata surya, mulai meningkatkan pemahaman kita tentang dunia lain, demikian juga jumlah lingkungan berpotensi layak huni mulai berada dalam jangkauan kita yang pada sebelumnya tidak kita sadari.

Tempat-tempat yang semula diduga dapat menjadi tempat bagi kehidupan primitif adalah bulan-bulan dingin seperti Europa dan Enceladus. Namun, dari hasil penelitian sementara tampaknya tempat-tempat tersebut tidak ramah di bagian permukaan, sehingga diyakini tempat yang paling mungkin justru berada di bawah permukaan. Yaitu lautan bawah tanah dari air hangat yang bisa memberikan surga sempurna untuk pengembangan bentuk kehidupan primitif di luar bumi.

Laut Tersembunyi di Pluto Diduga Mendukung Kehidupan

Baca Juga:


Saat ini, berkat data yang dikembalikan oleh pesawat ruang angkasa New Horizons, kita juga bisa menambahkan Pluto ke dalam daftar tempat-tempat layak huni tersebut. Dunia yang jauh dan kecil ini awalnya diyakini sebagai tempat yang sepi dan tidak aktif, tetapi setelah berhasil mendokumentasikannya secara dekat melalui foto-foto, maka dapat dengan jelas memperlihatkan adanya dataran halus, pegunungan es dan fitur permukaan misterius yang sebelumnya tidak diketahui. Hal ini menimbulkan sebuah tanda tanya besar, apakah lautan di bawah permukaan Pluto memang layak menjadi tempat bagi kehidupan primitif.

Seorang Presenter TV dan fisikawan Brian Cox baru-baru ini mengeluarkan pendapatnya pada temuan terbaru di Pluto dengan mengemukaan bahwa laut bawah tanah yang ditemukan ada di bawah permukaan Pluto tersebut bisa saja berpotensi mendukung kehidupan.

Laut Tersembunyi di Pluto Diduga Mendukung Kehidupan
Profesor Brian Cox

Mungkin butuh bertahun-tahun lamanya bagi para ilmuwan untuk dapat menentukan hal ini secara pasti.

"Apa yang sudah ilmu pengetahuan beritahu kepada kita sekarang adalah kehidupan yang kompleks yang mungkin jarang terjadi," kata Profesor Brian Cox.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar