Para Ilmuwan Telah Menemukan Gen Rambut Uban


Jumat, 04 Maret 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Baru-baru ini para ilmuwan telah berhasil menemukan gen dari rambut uban. Dengan adanya penemuan ini bisa memungkinkan untuk dapat memperlambat atau bahkan mencegah rambut kita menjadi uban seiring bertambahnya usia.

Sebagian besar orang, tidak ada yang suka memiliki rambut uban. Sehingga, mereka pun berupaya untuk menutupinya dengan menghabiskan banyak botol pewarna rambut, agar tidak terkesan tampak tua. Namun, kini para ilmuwan berhasil menemukan gen penyebabnya, sehingga tidak menutup kemungkinan solusi permanen untuk mengatasi masalah ini dapat diwujudkan.

Para Ilmuwan Telah Menemukan Gen Rambut Uban

Baca Juga:

Penelitian ini melibatkan pengumpulan dan analisis sampel DNA dari 6.000 relawan yang tersebar di beberapa benua dalam upaya untuk menemukan gen yang bertanggung jawab menyebabkan rambut kehilangan warna.

"Kita sudah tahu beberapa gen yang terlibat dalam penyebab kebotakan dan hilangnya warna rambut tapi ini adalah pertama kalinya gen rambut uban telah teridentifikasi pada manusia, serta gen lain yang mempengaruhi bentuk rambut dan kepadatannya," kata pemimpin penulis, Dr Kaustubh Adhikari. "Hal ini mungkin dikarenakan kita telah menganalisa melting pot beragam orang, yang belum pernah dilakukan sebelumnya pada skala ini."

Untuk sementara, penemuan gen ini adalah awal yang baik, namun para ilmuwan percaya bahwa ada banyak faktor genetik dan lingkungan lain juga yang ikut bertanggung jawab terbentuknya rambut beruban, selain faktor usia.

"Gen-gen yang telah kita identifikasi tidak mungkin untuk bekerja dalam isolasi menyebabkan rambut beruban ... tapi memiliki peran bermain bersama dengan banyak faktor lainnya yang belum diidentifikasi," kata Dr Adhikari.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(BBC)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. wahhh,..ini pewarna rambut item bisa terancam nih bisnisnya..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, jgn gitu sob, pasti nanti ada peluang bisnis lain..misalnya, jualan obat anti uban gitu... hehe...

      Hapus