Debat Sengit Terbaru Misteri Keberadaan 'Planet X'


Rabu, 16 Desember 2015
Label: ,

[Sains Box] Belum lama, sebelum tahun 2012, dimana banyak bermunculan ramalan-ramalan tentang kiamat 2012, salah satu yang paling menghebohkan adalah munculnya sebuah pendapat tentang keberadaan 'Planet X' misterius yang nantinya kemunculan planet tersebut memberikan dampak yang cukup besar bagi ketidakstabilan tata surya kita. Apakah semua itu benar adanya?

Gagasan mengenai kemungkinan adanya dunia yang belum ditemukan sebelumnya yang terletak jauh melampaui orbit Pluto telah menjadi subyek perdebatan sengit di antara para astronom selama bertahun-tahun.

Namun baru-baru ini, para peneliti dari Swedia dan Meksiko menyampaikan dua makalah baru yang mengklaim dugaan penemuan yang tidak hanya satu, tetapi dua buah planet baru berada di luar tata surya. Rilis kelanjutan dari penemuan serupa awal tahun ini dari dua 'benda trans-Neptunus' oleh para ilmuwan di Madrid.

Debat Sengit Terbaru Misteri Keberadaan Planet X

Baca Juga:

Kedua objek tersebut, salah satunya muncul di langit lebih dekat dengan bintang W Aquilae, sedangkan yang satu lagi berdekatan dengan Alpha Centauri. Keduanya berhasil dideteksi oleh teleskop Atacama Large Millimeter Array (ALMA).

Meskipun ada indikasi bahwa ini bisa menjadi dua planet baru dalam sistem tata surya kita namun respon terhadap temuan ini oleh para astronom lainnya telah menjadi salah satu skeptisisme yang cukup rumit.

Saat ini sulit untuk benar-benar mengesampingkan kemungkinan bahwa itu hanyalah benda-benda yang tidak seperti dugaan, bisa jadi itu hanyalah asteroid atau sepasang bintang kerdil coklat yang terletak di angkasa terdekat dengan kita. Ada juga kemungkinan bahwa temuan ini karena tidak lebih dari blip acak kebisingan.

Seorang astronom asal California Institute of Technology yang bernama Mike Brown, dengan pasti mengungkapkan keraguannya.

"Jika memang benar bahwa ALMA menemukan sebuah objek sistem besar di luar surya, itu sebenarnya kecil, kecil, dan kecil, yang akan menunjukkan bahwa ada sesuatu seperti 200.000 planet seukuran Bumi di luar tata surya sana," katanya. "Yang, um, sebenarnya tidak ada."

Meskipun Mike Brown secara tegas mengungkap skeptisisme nya, namun Brown tidak menutup kemungkinan bahwa "mungkin saja ada planet-planet besar bersembunyi di luar tata surya, dan itu sangat masuk akal."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. wah, ternyata statusnya masih diragukan...
    *kecewa

    BalasHapus