Ilmuwan Temukan Fosil Mikroba 'Vampir' Prasejarah


Sabtu, 21 November 2015
Label: ,

[Sains Box] Sebuah fosil yang berusia 750 juta tahun telah berhasil mengungkap adanya bukti mikroba mematikan dengan kecenderungan seperti vampir. Mereka mungkin tidak memiliki taring dan mereka pastinya tidak bisa terbang seperti kelelawar, namun meskipun mereka merupakan mikroba vampir kecil, mereka merupakan ancaman yang serius terhadap bentuk-bentuk kehidupan awal bersel tunggal.

Kini, bukti langsung dari perilaku predator mereka telah ditemukan untuk pertama kalinya dalam bentuk fosil organisme dengan lubang tusukan mencurigakan menunjukkan bahwa mikroba ini termasuk karnivora yang menggunakan semacam selang makanan untuk menghisap bagian dalam mangsa mereka.

Ilmuwan Temukan Fosil Mikroba Vampir Prasejarah
Gambar: Amuba (sel atas) memakan jeroan ganggang hijau
sumber gambar

Baca Juga:

Para ilmuwan percaya bahwa bentuk awal predasi ini akan memacu bentuk kehidupan lain untuk mengembangkan kemampuan defensif baru dan perilaku untuk membantu mempertahankan hidup mereka.

Mikroba mengerikan ini mungkin tidak terlihat seperti Dracula. Tapi, "mereka tentu menakutkan, setidaknya jika Anda organisme bersel tunggal," kata Susannah Porter.

Susannah Porter memeriksa fosil dari Grand Canyon tersebut menggunakan scanning mikroskop elektron. Lubang pada fosil bukanlah hal yang baru. Tapi luka di fosil-fosil ini tampak disengaja, kata Porter. Lubang-lubang itu memiliki ukuran 0,2-2,9 mikrometer diameter. Itu benar-benar kecil, sekitar ketebalan sel darah merah.

"Sangat bodoh jika Anda berpikiran untuk membuat baju besi kecuali Anda membela terhadap pemangsa. Organisme yang tidak memiliki tekanan predasi hanya akan memiliki membran sangat sederhana menghadapi dunia luar."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar