Hubble Sukses Memotret Fenomena Langka: Objek Herbig-Haro


Sabtu, 11 September 2021
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Hubble Sukses Memotret Fenomena Langka: Objek Herbig-Haro

Wide Field Camera 3 NASA/ESA Hubble Space Telescope baru-baru ini telah menangkap gambar objek yang disebut HH111. Pada saat yang sama, gambar tersebut menampilkan fenomena langit yang relatif langka yang dikenal sebagai objek Herbig-Haro.

Objek semacam itu terbentuk dalam keadaan tertentu. Bintang bayi seringkali sangat aktif, dan dalam beberapa kasus, mereka mengeluarkan pancaran gas terionisasi yang bergerak sangat cepat.

Baca Juga:

Hubble Sukses Memotret Fenomena Langka: Objek Herbig-Haro
Objek Herbig-Haro. (ESA/Hubble/NASA,B.Nisini)
---------

Aliran gas terionisasi kemudian bertabrakan dengan awan gas dan debu yang menyelimuti bintang-bintang yang baru terbentuk dengan kecepatan bermil-mil setiap detiknya. Tabrakan lincah inilah yang membuat objek Herbig-Haro seperti HH111 tersebut tercipta.

Objek Herbig-Haro melepaskan banyak cahaya pada panjang gelombang optik, namun sulit untuk diamati. Alasannya adalah debu dan gas di sekitarnya yang menyerap banyak cahaya tampak.



Kemampuan WFC3 untuk mengamati pada panjang gelombang inframerah – di mana pengamatan tidak terpengaruh oleh gas dan debu – sangat penting untuk mengamati objek Herbig-Haro dengan sukses.

Terlihat indah bukan?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. sangat langka sekali objek yang di potret sangat jarang ada momen seperti itu.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.