Gawat, Badai Matahari Dapat Menyebabkan 'Kiamat Internet'


Senin, 13 September 2021
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Gawat, Badai Matahari Dapat Menyebabkan 'Kiamat Internet'

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai matahari yang menghancurkan dapat mengganggu Internet dunia selama berbulan-bulan. Terakhir kali lontaran massa koronal dari Matahari pernah menghantam Bumi pada tahun 1921, jauh sebelum adanya komputer, ponsel, dan banyak hal lain yang muncul sekarang.

Namun, baru-baru ini, para ilmuwan telah memperingatkan bahwa jika badai matahari besar terjadi sekarang, itu dapat menyebabkan gangguan serius pada cara hidup kita karena ketergantungan kita pada komunikasi elektronik tersebut.

Baca Juga:

Badai matahari, atau coronal mass ejection (CME), meletus dari matahari pada Agustus 2012. (NASA Goddard)
---------

Menurut data baru yang dipresentasikan pada konferensi komunikasi data SIGCOMM 2021, peristiwa semacam itu dapat menyebabkan 'kiamat Internet' yang dapat melumpuhkan sistem online selama berbulan-bulan.

Mengingat bahwa segala sesuatu mulai dari pembayaran kartu hingga layanan perpesanan bergantung pada Internet untuk berfungsi, gangguan seperti ini dan sebesar ini dapat terbukti menjadi sebuah bencana.

"Apa yang benar-benar membuat saya berpikir tentang ini adalah bahwa dengan pandemi kita melihat betapa tidak siapnya dunia ini," kata rekan penulis studi, Abdu Jyothi dari University of California, Irvine.



"Tidak ada protokol untuk menanganinya secara efektif, dan itu sama dengan ketahanan internet. Infrastruktur kita tidak siap untuk peristiwa matahari skala besar ini."

Namun, dengan kemungkinan terjadinya lontaran massa koronal hanya sekitar 1,6-1,4% per dekade, ada kemungkinan bahwa kita dapat menghindari skenario bencana khusus ini - setidaknya untuk saat ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.