Menghubungi ET Adalah 'Sembrono', Kata Para Astronom


Kamis, 17 Juni 2021
Label:
Advertisement
[Sains Box] Menghubungi ET Adalah 'Sembrono', Kata Para Astronom

Sekelompok astronom telah memperingatkan potensi bahaya mencoba menghubungi makhluk luar angkasa yang cerdas. Kebanyakan orang yang terlibat dalam pencarian tanda-tanda peradaban alien yang cerdas cenderung berasumsi bahwa para penjelajah luar angkasa yang maju ini tidak berbahaya; bahwa mereka hanya tertarik pada ko-eksistensi damai. Benarkah demikian?

Namun ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Baca Juga:

Menghubungi ET Adalah Sembrono, Kata Para Astronom
Apakah aman jika kita mencoba mengontak alien??? Sudah siapkah kita?
---------

Menulis dalam op-ed baru-baru ini untuk Washington Post, fisikawan Mark Buchanan telah memperingatkan bahwa melakukan kontak dengan alien dapat dibandingkan dengan orang Eropa pertama yang melakukan kontak dengan penduduk asli Amerika.

"Kemungkinannya, kita semua harus bersyukur bahwa kita belum memiliki bukti kontak dengan peradaban asing," tulisnya. "Mencoba berkomunikasi dengan makhluk luar angkasa, jika memang ada, bisa sangat berbahaya bagi kita."

Astronom SETI Joe Gertz juga setuju, mencatat bahwa upaya untuk berkomunikasi dengan alien dapat menyebabkan "membahayakan seluruh umat manusia secara sembrono, dan benar-benar dilarang dengan konsekuensi kriminal, mungkin seperti yang dilakukan di tingkat nasional, atau dikelola melalui Mahkamah Internasional di Den Haag."



Sementara itu, di sisi lain argumen, adalah astrobiolog Amerika bernama Douglas Vakoch yang percaya bahwa jika kita tidak mencoba untuk menghubungi makhluk luar angkasa, maka kita berisiko "hilang panduan yang dapat meningkatkan keberlanjutan peradaban kita sendiri."

Pada akhirnya, semuanya bermuara pada apakah alien yang kita hubungi itu cinta damai atau tidak.

Apakah itu sepadan dengan risikonya atau tidak?

Setidaknya menurut saya pribadi, alangkah lebih baiknya kita mengembangkan terlebih dahulu sistem pertahanan untuk keamanan planet Bumi, baru setelah kita bisa membuat sistem pertahanan planet yang kuat, kita hubungi mereka. Anda setuju dengan pendapat saya?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

6 komentar:

  1. kewaspadaan tentu hal yang paling utama ya mas, kita jangan dulu berpikir kalo mreka tuch cinta damai, sebab penyesalan itu pasti munculnya diakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, betul bgt mbak, jangankan alien yg muka atau bentuknya aja blm kita ketahui apakah seram atw tdk, sesama manusia saja bisa saling membantai dan berebut.

      Hapus
  2. Numpang nyimak, Mbak. Saya belum berani komen, Ntar diserang alien. He he .... Selamat sore.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuh kok aku dipanggilnya mbak sih...
      musti pake rok nih kalo gitu, hehe... :D

      Hapus
  3. Very interesting post!
    Thanks for sharing 😍😍
    Regards:)

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.