Partikel Kecil Ini Mengubah Hukum Fisika Yang Dikenal


Senin, 12 April 2021
Label:
Advertisement
[Sains Box] Partikel Kecil Ini Mengubah Hukum Fisika Yang Dikenal

Eksperimen terbaru yang melibatkan partikel muon telah membuka lubang dalam pemahaman kita saat ini tentang alam semesta. Penemuan tersebut, yang tampaknya sesuai dengan hasil percobaan serupa yang dilakukan di Brookhaven National Laboratory pada tahun 2001, melibatkan penembakan muon yaitu sejenis partikel elementer melalui medan magnet yang intens di Fermi National Accelerator Laboratory di Batavia, Illinois.

Fisikawan Chris Polly, bersama dengan tim internasional yang terdiri lebih dari 200 ilmuwan dari tujuh negara, menemukan bahwa partikel tersebut tidak berperilaku seperti yang diprediksi oleh hukum fisika yang diketahui.

Baca Juga:

Partikel Kecil Ini Mengubah Hukum Fisika Yang Dikenal
Cincin Muon g-2, di Laboratorium Akselerator Nasional Fermi di Batavia, Ill., Beroperasi pada minus 450 derajat Fahrenheit dan mempelajari goyangan muon saat bergerak melalui medan magnet. Kredit: Reidar Hahn / Fermilab
---------

Ini menyiratkan bahwa ada kesenjangan besar dalam pemahaman kita saat ini tentang alam semesta dan menunjukkan bahwa ada "bentuk materi dan energi yang penting bagi alam dan evolusi kosmos yang belum diketahui oleh sains", menurut artikel terbaru di The New York Times.

"Ini adalah bukti kuat bahwa muon sensitif terhadap sesuatu yang tidak ada dalam teori terbaik kami," kata fisikawan bernama Renee Fatemi dari University of Kentucky.

Hanya ada 1 dari 40.000 kemungkinan bahwa hasilnya hanya kebetulan, lapor para ilmuwan.



"Setelah 20 tahun orang bertanya-tanya tentang misteri dari Brookhaven ini, tajuk utama berita di sini adalah bahwa kami mengkonfirmasi hasil eksperimen Brookhaven," kata Dr. Polly.

"Kita dapat mengatakan dengan keyakinan yang cukup tinggi, pasti ada sesuatu yang berkontribusi pada ruang putih ini. Monster apa yang mungkin bersembunyi di sana?"

Sebenarnya memecahkan teka-teki ini adalah masalah yang sama sekali berbeda.

Partikel Kecil Ini Mengubah Hukum Fisika Yang Dikenal
Pemeriksaan cincin Muon g-2 pada tahun 2013. Kredit: Reidar Hahn / Fermilab
---------

"Saya sangat gembira. Saya merasa goyangan kecil ini dapat mengguncang dasar dari apa yang kami pikir telah kami ketahui," kata Marcela Carena - kepala fisika teoretis di Fermilab.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

8 komentar:

  1. Kalo mengulik tentang alam semesta itu gak ada habisnya ya, maksudnya mau menemukan tentang apa, ternyata malah ketemu ilmu pengetahuan yang lain lagi.. Jadi terusss aja semakin banyak ilmu yang didapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah sains mbak, semakin dlm mempelajari sebuah ilmu, akan ada ilmu baru yg muncul...

      Hapus
  2. Walaupun dibilang muon itu sejenis partikel elementer tapi tetap saja bingung, elementer itu juga apa.

    Yang aku tahu paling benda terdiri dari benda padat, cair dan gas.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih partikel ini tuh diberikan kpd mereka2 yg abis putus cinta mas, biar mereka tuh bisa Muon dr kehidupan mereka yg lama, tul gak mas?

      Hapus
    2. hei.. itu move on! wkwkwk

      Hapus
    3. Hehehe, oh itu namanya partikel move on ya mbak Naia? saya pikir partikel yg saya bahs ini.. hihihi... :D

      Hapus
    4. ups, apa tuh yg jatoh.. :D

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.