Kehidupan Ditemukan Di Bawah Lapisan Es Antartika


Kamis, 18 Februari 2021
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Kehidupan Ditemukan Di Bawah Lapisan Es Antartika

Operasi pengeboran es baru-baru ini telah mengungkap penemuan organisme yang hidup jauh di bawah lapisan es. Selama ekspedisi baru-baru ini, para ilmuwan dengan Survei Antartika Inggris mengebor 900 meter ke bawah melalui rak es Filchner-Ronne dan menurunkan kamera ke lubang untuk melihat-lihat.

Yang mengejutkan mereka, mereka menemukan ekosistem spons yang tersembunyi dan bentuk kehidupan akuatik tak dikenal lainnya yang hidup di bagian bawah sebuah batu besar di kedalaman hitam pekat yang membekukan.

Baca Juga:

Kehidupan Ditemukan Di Bawah Lapisan Es Antartika
Ini adalah jenis kehidupan yang ditemukan di bawah lapisan es Antartika, dimana seharusnya tidak ada
---------

Ini adalah pertama kalinya organisme tak bergerak seperti ini diamati di bawah lapisan es Antartika dan kehadiran mereka membuat para ilmuwan menggaruk-garuk kepala.

"Ada banyak alasan mengapa mereka tidak seharusnya berada di sana," kata peneliti Huw Griffiths.

Yang utama di antaranya adalah kenyataan bahwa ini tampaknya pengumpan filter yang biasanya memakan nutrisi yang jatuh dari atas. Namun, jauh di bawah es, tidak jelas dari mana sumber makanan ini berasal.

Telah diduga bahwa nutrisi ini harus terbawa arus di bawah es, namun sumber sinar matahari terdekat saat ini berjarak lebih dari 600 km. Apakah itu mungkin?



Juga tidak jelas apakah organisme ini adalah spesies yang diketahui atau tidak.

"Kami telah menemukan ini bukanlah kuburan tempat beberapa hal melekat, ini lebih rumit dari yang kami duga," kata Griffiths.

Penemuan ini menunjukkan bahwa kehidupan dapat berkembang pesat di wilayah dunia yang dianggap sama sekali tidak dapat dihuni - sebuah tanda yang menjanjikan bahwa tempat-tempat seperti samudera di bulan Jupiter, Europa, juga dapat menampung kehidupan.

Video Kehidupan Di Bawah Es Antartika

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.